top of page

Aplikasi Praktis: Kenali Kegunaan BOPP dan BOPET di Industri FMCG

Industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) merupakan salah bidang yang terus mengalami perkembangan yang pesat. Produk-produk FMCG menghadirkan beragam makanan dan minuman kemasan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.


Dalam industri ini, kemasan memainkan peran penting dalam melindungi produk, menjaga kesegaran, dan menarik perhatian konsumen. Dua material yang umum digunakan dalam kemasan FMCG adalah BOPP (Biaxially Oriented Polypropylene) dan BOPET (Biaxially Oriented Polyethylene Terephthalate). Kedua material ini memiliki keunggulan dan manfaatnya masing-masing, sehingga pilihan material yang tepat akan sangat berdampak pada kualitas dan daya tarik produk Anda.


Seorang perempuan meminum air dari botol kemasan


Mengenal BOPP dan BOPET

BOPP dikenal dengan ketahanannya yang tinggi terhadap air, minyak, dan bahan kimia. Material ini juga memiliki sifat fleksibel dan mudah dibentuk, sehingga ideal untuk kemasan produk yang membutuhkan bentuk yang kompleks atau mudah dilipat. BOPP banyak digunakan untuk kemasan makanan ringan, snack, dan produk kering lainnya.


Sementara itu, BOPET memiliki kekuatan yang tinggi dan tahan terhadap benturan, sehingga ideal untuk kemasan produk yang membutuhkan perlindungan ekstra. Material ini juga bersifat transparan, sehingga memungkinkan konsumen untuk melihat produk dengan jelas. BOPET banyak digunakan untuk kemasan minuman, botol saus, dan produk cair lainnya.


Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kemasan BOPP dan BOPET adalah sebagai berikut:

  • Ketahanan: BOPP dan BOPET tahan terhadap air, kelembapan, minyak, dan bahan kimia, sehingga ideal untuk melindungi produk dari kerusakan dan memperpanjang masa simpannya.

  • Kekuatan: BOPET memiliki kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan BOPP, sehingga ideal untuk kemasan produk yang membutuhkan perlindungan ekstra, seperti botol minuman dan saus. Kekuatan ini juga yang menjadikan material ini ideal untuk melindungi produk FMCG pada saat distribusi dan pengiriman.

  • Fleksibilitas: BOPP memiliki sifat yang lebih fleksibel dibandingkan BOPET, sehingga mudah dibentuk dan dilipat. Hal ini membuatnya ideal untuk kemasan produk yang membutuhkan bentuk yang kompleks atau mudah dilipat, seperti kemasan snack dan biskuit.

  • Kejernihan: BOPP dan BOPET bersifat transparan, sehingga memungkinkan konsumen untuk melihat produk dengan jelas. Hal ini penting untuk meningkatkan daya tarik produk dan membantu konsumen dalam memilih produk yang mereka inginkan.

  • Daur Ulang: BOPP dan BOPET adalah material yang dapat didaur ulang, sehingga ramah lingkungan dan membantu mengurangi limbah plastik. Proses daur ulang dilakukan dengan cara memotong, memadatkan dan membentuknya menjadi pelet yang siap didaur ulang.


Seorang laki-laki menonton video di laptop sambil makan snack kentang.
(c) Argha Karya Prima Industry

Pemilihan material yang tepat akan berdampak pada kualitas dan daya tahan produk.  Dengan memahami karakteristik dan manfaat BOPP dan BOPET, produsen FMCG dapat memilih material yang tepat untuk produk mereka dan memastikan produk mereka tersaji dengan baik kepada konsumen.


Selain memperhatikan karakteristik dari setiap jenis film, ada baiknya juga untuk memperhatikan kualitas produksi film yang akan digunakan untuk produk Anda. Film yang transparan, mudah dibentuk, mudah dicetak, dan tahan lama seperti yang diproduksi oleh PT Argha Karya Prima Industry (https://arghakarya.com) hendaknya menjadi prioritas Anda sebelum memilih jenis film yang akan digunakan nantinya.

Comentarios


bottom of page