top of page

Fiber Optik untuk Bisnis : Dampak Internet Cepat pada Produktivitas Pekerja

Sejak memasuki era digital, internet berkontribusi besar terhadap berbagai aspek kehidupan kita. Salah satunya adalah produktivitas saat bekerja. Dibuktikan melalui beberapa penelitian, salah satunya yang dilakukan oleh National Bureau of Economic Research di Amerika Serikat membuktikan bahwa peningkatan produktivitas para pekerja di kantor akan berjalan secara searah dengan semakin lancar dan tingginya tingkat kecepatan internet. Forbes mendata bahwa setiap 1% meningkatnya kecepatan internet akan berakibat pada kenaikan sebanyak 0.3% pada produktivitas pekerja di kantor. Hal ini akan berkontribusi juga pada kenaikan Produk Domestik Bruto negara.




Kelancaran konektivitas di tempat kerja akan mendukung para pekerja untuk berkolaborasi secara lebih efektif dan menjangkau partner bisnis yang berada di tempat berbeda dengannya. Berikut beberapa cara internet berbasiskan fiber optik dapat secara substansial meningkatkan produktivitas pekerja di kantor :

  • Meningkatkan Reliabilitas dan Kepastian : Wi-Fi yang menggunakan teknologi kabel fiber optik berkemampuan menyediakan kepastian kestabilan konektivitas, sehingga dalam kondisi cuaca apa pun, tetap mampu memberikan performa internet yang dapat diandalkan dengan downtime – suatu jangka waktu di mana internet tidak mampu untuk diakses – lebih sedikit.

  • Meningkatkan Kolaborasi : Dengan koneksi yang memadai di tempat kerja, para karyawan akan semakin mudah untuk melakukan kolaborasi secara daring melalui pemanfaatan platform konferensi video seperti ZOOM dan Google Meet yang membutuhkan kestabilan lebih untuk dapat beroperasi dengan lancar. Akhirnya koordinasi antara pekerja di kantor pusat dengan kantor cabang maupun dengan rekan kerja yang beroperasi dari jarak jauh dapat dengan mudah terealisasi.

  • Mengurangi Biaya Operasionalisasi Kantor : Internet yang cepat terkategorikan sebagai salah satu tool produktivitas dalam suatu bisnis. Dengan menghapuskan hambatan seperti koneksi yang putus-putus, maka produktivitas suatu bisnis atau perusahaan mampu meningkat sebanyak seminggu setiap tahunnya. Walaupun biaya pemasangan Wi-Fi dengan teknologi fiber optik lebih mahal di awalnya dibandingkan dengan teknologi kabel tembaga tradisional, namun banyak para pemilik usaha mempercayai bahwa ini merupakan investasi yang berharga untuk memangkas kemungkinan kerugian perusahaan akibat internet yang tidak dapat diandalkan ke depannya.



Dapat disimpulkan bahwa ketersediaan konektivitas internet yang stabil dan cepat di tempat kerja merupakan hal yang tidak dapat dianggap sepele. Dengan menyediakan Wi-Fi berbasis kabel fiber optik yang lebih tahan terhadap berbagai hambatan bagi para pekerja di bisnis dan usaha anda, dapat dipastikan bahwa ini merupakan investasi jangka panjang yang bijak untuk ditempuh.


Bila anda sedang mencari internet berbasiskan kabel fiber optik dengan jangkauan luas dan dapat diandalkan untuk mendukung operasionalisasi usaha anda, pastikan hanya untuk mempercayakannya pada Netstar (www.netstar.id).




bottom of page