top of page

IP Telephony untuk Hotel : Kelancaran Komunikasi dan Koordinasi untuk Kepuasan Tamu

IP Telephony atau Internet Protocol Telephony adalah teknologi komunikasi yang memanfaatkan koneksi jaringan internet untuk mentransmisikan data informasi berupa suara yang tadinya berbentuk sinyal suara analog menjadi berbentuk digital. Internet dipilih menjadi media transportasi data komunikasi ini karena dilihat pemasangannya serta distribusinya di dunia sudah semakin merata menjangkau setiap tempat dan kestabilannya yang terus-menerus dikembangkan sejak penemuannya ditetapkan pada tahun 2017. Per 2020 lalu saja, diketahui bahwa jaringan internet berkecepatan 5G sudah berhasil dipasang di berbagai negara di wilayah benua Eropa, Asia, Amerika, dan Australia. Pada tahun 2025 diperkirakan internet berkecepatan 5G dapat secara merata menjadi standar kecepatan internet yang dapat dinikmati setiap pengguna perangkat berbasis internet di dunia.



 

Dapat terlihat bahwa dengan semakin masif dan meluasnya penggunaan internet saat ini, menjadi rasional untuk mengandalkan media komunikasi yang juga berbasis internet dalam berbagai aspek kehidupan kita. Tidak terkecuali di antaranya adalah dalam bisnis perhotelan. Penggunaan IP Telephony di ranah bisnis perhotelan banyak diyakini dapat meningkatkan tidak hanya produktivitas dan koordinasi antara staf hotel, tetapi juga dapat dinikmati oleh para tamu dan meningkatkan kepuasan mereka pasca menginap. Namun, bagaimanakah hal tersebut dapat terjadi? Di bawah ini akan dibahas secara lengkap bagaimana IP Telephony dapat berpengaruh positif bagi perkembangan bisnis hotel anda!

 

Cara IP Telephony Meningkatkan Efisiensi Komunikasi di Hotel

 

  • Kemudahan akses informasi tamu : Ketika suatu hotel memasang layanan IP Telephony, maka staf hotel menjadi lebih mudah untuk mengakses informasi terkait berbagai kebutuhan dan preferensi yang tamu inginkan dengan cara langsung menanyakannya dari ruang service ke setiap kamar tamu. Hasilnya, berbagai permintaan tamu pun dapat secara langsung dipenuhi dan berkontribusi pada peningkatan kepuasan dan pengalaman tamu selama menginap.

 

  • Tetap terhubung walau berpindah-pindah : Dengan teknologi IP Telephony, staf hotel dapat tetap terhubung antara satu sama lain untuk memastikan koordinasi pelayanan tetap terjalin, pun dengan tamu hotel agar tetap mempertahankan responsivitas tinggi terhadap berbagai pemenuhan kebutuhan yang tamu miliki.

 

  • Integrasi sistem hotel : Pemasangan IP Telephony tidak hanya fungsional dengan membawa kelebihannya tersendiri. Ketika kehadirannya diintegrasikan dengan sistem hotel yang sudah ada – seperti sistem pemesanan kamar otomatis lewat panggilan telepon dan sistem manajemen properti hotel – maka IP Telephony dapat memudahkan komunikasi internal dan meningkatkan efisiensi operasional hotel.




 

Berdasarkan hal-hal di atas, dapat disimpulkan bahwa IP Telephony sebagai teknologi komunikasi suara digital yang memanfaatkan jaringan internet untuk transmisinya membawa banyak manfaat di berbagai aspek, salah satunya juga ketika diimplementasikan dalam bisnis hotel. IP Telephony tidak hanya akan berguna mempermudah tugas dan koordinasi antara staf hotel untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan dan layanan bagi para tamu, tetapi juga dapat membantu peningkatan integrasi sistem hotel yang berdampak pada peningkatan operasional hotel ke depannya.


Jika anda mencari penyedia layanan IP Telephony terpercaya yang dapat menunjang produktivitas kebutuhan bisnis hotel anda, kunjungi kami di Netstar (www.netstar.id).

 

bottom of page