top of page

Ketegasan dalam Desain : Memahami Kecantikan Granit Nero Africa

Updated: Nov 17, 2023

Batu granit Nero Afrika atau juga dikenal sebagai Nero Impala merupakan jenis batu alam berwarna hitam pekat yang ditemukan di pertambangan wilayah Afrika Selatan, tepatnya di kota Rustenburg, wilayah dengan taman nasional alam yang luas. Penamaan “Nero Afrika” sendiri tidak sekedar terinspirasi oleh tempat asal penambangannya, tetapi kata “nero” diambil dari bahasa Italia yang berarti malam, mereferensikan karakteristik warna batu ini yang dianggap oleh orang banyak sepekat langit di Afrika.


Dikarenakan pertambangannya banyak ditemukan di wilayah dekat taman natural alam yang juga rumah bagi spesies impala (Aepyceros melampus), kijang berukuran sedang dari Afrika, mengakibatkan batu alam ini memperoleh penyebutan “Nero Impala”-nya. Namun, seperti apa karakteristik lebih mendetail yang dimiliki batu ini? Hal-hal apa yang kemudian membuatnya menjadi salah satu batu granit yang paling dicari dan diminati?




Karakteristik Batu Granit Hitam Afrika


Kepopuleran batu jenis ini tentu tidak hanya diakibatkan oleh warna hitam pekatnya yang berbeda dan unik dari tipe lain. Nero Afrika memiliki beberapa kelebihan yang menjadikannya sangat serbaguna dan fleksibel untuk digunakan. Sebagai salah satu jenis batu granit, tentunya batu ini juga membawa sifat daya tahan yang luar biasa. Tidak hanya keras dan memiliki ketahanan terhadap penggunaan berulang yang intensif, karena terbentuk dari mineral kuarsa dan feldspar yang terdistribusi merata, menjadikan batu ini tahan terhadap abrasi akibat terpapar oleh cairan asam maupun pemberian tekanan. Umur panjang penggunaan batu ini juga semakin didukung dengan sifatnya yang tidak mudah meresap air. Dengan tingkat kepadatan sebesar 2940kg/meter kubik dan kemampuan penyerapan air hanya 0.15% dari berat total, membuat batu ini tahan terhadap noda membandel.


Penggunaanya secara Umum


Setelah terlihat bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh Nero Afrika ini menghasilkan daya tahan yang dimilikinya, menjadi tidak mengherankan bila batu ini juga disebut sebagai batu yang paling versatile dan fleksibel di ranah pembangunan. Aplikasinya batu ini tidak terbatas dan dapat dikorporasikan hampir ke seluruh aspek interior dan eksterior. Akibat warna gelap dengan corak butiran abu-abu mudanya, batu ini kerap menjadi pilihan teratas untuk diikutsertakan ke dalam berbagai proyek pembangunan.


Penggunaan batu ini selalu sukses menghadirkan kesan rapi dan bersih, menjadikannya sangat cocok untuk dijadikan material di area dapur yakni sebagai pelapis meja countertops, dan juga meja di area kamar mandi. Batu ini juga mampu untuk digunakan sebagai pelapis dinding bagian dalam dan luar ruangan, pelapis lantai dan tangga, jalur pijakan di taman, bahkan sekedar sebagai elemen dekorasi untuk menambah tekstur dan variasi di sebuah ruangan.




Dapat disimpulkan bahwa batu granit Nero Afrika atau Nero Impala ini sangat tahan banting dan serbaguna. Disertai dengan karakteristik yang baik, menjadikan batu ini tidak hanya indah untuk dipandang dan dijadikan dekorasi, tetapi juga sangat fleksibel untuk digunakan ke dalam berbagai aplikasi baik interior maupun eksterior.


Bila anda berminat untuk mendekorasi area anda dengan menggunakan batu granit Nero Afrika ini, pastikan untuk hanya menyuplainya dari PT. Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Comments


bottom of page