top of page

Layanan Internet: Internet of Things (IoT) dalam Hotel Anda

Layanan internet di era digital terus mengalami inovasi hingga tak terbatas pada gawai tertentu saja. Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana perangkat sehari-hari mulai dihubungkan dengan jaringan internet. Hal ini memungkinkan barang-barang tersebut untuk mengirim dan menerima data yang berkaitan dengan penggunanya. Personalisasi pada perangkat IoT dapat membantu keseharian kita agar lebih efisien dan produktif.


Dalam industri perhotelan, IoT mungkin belum terlalu marak digunakan. Padahal ruangan yang dihubungkan dengan perangkat IoT dapat memberikan pengalaman yang unik untuk para tamu Anda. Selain itu, pihak manajemen hotel juga dapat menggunakan perangkat IoT seperti robot pembersih untuk membersihkan kotoran secara otomatis.


Bagaimana caranya mengintegrasikan IoT di dalam kamar hotel? Apa saja manfaatnya? Simak pembahasannya di bawah ini.


Seorang perempuan menggunakan layar smart home di kamarnya
Foto: Freepik
  • Meningkatkan Pengalaman Tamu dengan Personalisasi: Termostat pintar, kunci pintu digital, pencahayaan otomatis, sensor gerak, bahkan TV pintar adalah beberapa contoh IoT yang dapat diaplikasikan pada kamar hotel. Sensor gerak, misalnya, dapat dihubungkan dengan pencahayaan ruangan agar dapat menyesuaikan dengan pergerakan tamu dalam ruangan. Otomatisasi berbagai layanan dalam kamar dapat memberikan pengalaman yang unik bagi tamu lama maupun baru Anda.


  • Efisiensi Operasional Hotel: Perangkat IoT dapat membantu manajemen mengelola sumber daya dengan lebih efisien. Sensor yang terhubung dengan perangkat pada kamar dapat memantau penggunaan energi dan air sehingga pihak manajemen dapat menelaah pemborosan. Sistem berbasis IoT juga dapat mengoptimalkan penggunaan HVAC (pemanas, ventilasi, dan pendingin udara), pencahayaan, dan layanan lainnya.


  • Memberikan Variasi Layanan: Perangkat IoT dapat digunakan untuk mensinkronisasi data dan preferensi tamu sebagai bahan pertimbangan peningkatan layanan hotel. Otomatisasi check-in, misalnya, dapat dilakukan dengan IoT melalui website hotel sehingga para tamu hanya perlu mengambil kunci kamar ketika sampai di resepsionis.


Seorang laki-laki membuka pintu kamar hotel menggunakan kartu
makistock / Freepik

  • Meningkatkan Keamanan Hotel: Keamanan merupakan aspek terpenting dari pelayanan hotel. Selain untuk menjaga privasi data tamu, keamanan yang baik juga dapat meningkatkan kenyamanan tamu dan staf yang berada dalam area hotel. Perangkat IoT pada sistem keamanan dapat digunakan untuk meningkatkan pengawasan melalui CCTV atau kunci pintu digital pada masing-masing kamar. Sensor gerak dan kamera keamanan dapat memberikan lapisan perlindungan tambahan yang memastikan bahwa hanya tamu berwenang yang dapat mengakses area tertentu.


  • Komunikasi yang Lebih Baik: Perangkat IoT dapat meningkatkan komunikasi antara tamu dan staf hotel. Asisten virtual dapat ditempatkan di kamar tamu dan digunakan untuk memesan layanan kamar, meminta informasi, atau mengatur janji temu dengan staf hotel. Aplikasi ponsel hotel yang terhubung dengan perangkat IoT di kamar juga dapat membantu para tamu untuk berinteraksi dengan layanan hotel secara mudah.

Internet of Things membawa banyak manfaat bagi industri perhotelan. Dengan mengadopsi teknologi IoT, hotel dapat menawarkan layanan yang lebih personal dan modern sehingga dapat membantu hotel untuk beroperasi secara lebih efisien. Untuk itu, Anda memerlukan koneksi internet yang stabil serta jangkauan jaringan internet yang mencakup seluruh area hotel. Dapatkan koneksi internet hotel yang mudah terhubung dengan IoT dengan harga yang terjangkau bersama Netstar (www.netstar.id).

Comments


bottom of page