top of page

Marmer Calacatta: Batu Alam Penarik Perhatian untuk Memperindah Desain Interior

Marmer Calacatta yang ditambang dari wilayah Pegunungan Apuan di Carrara, Italia, tidak jarang sering dianggap sama dengan marmer tipe Carrara. Keduanya diketahui memang sering diaplikasikan sebagai pelapis lantai dan dinding di area lobi kantor, ruang tamu serta kamar mandi, juga counter top meja serta backsplash di area dapur, karena tidak hanya mampu memberikan performa yang baik, tetapi juga menambah kesan aksen yang mewah dan elegan. Calacatta terkenal dengan pola uratnya yang dramatis dan tidak terstruktur, yakni dengan urat yang jauh lebih tebal dan tegas dibandingkan dengan tipe Carrara. Maka tidak heran bila marmer tipe ini jauh lebih langka dan mahal untuk diperoleh dibanding Carrara.



 

Secara tampilan, marmer Calacatta memiliki kekhasan sendiri. Biasanya datang dengan warna dasar putih, vena atau urat tipe marmer ini hadir dengan aneka warna mulai dari abu-abu, emas, beige, coklat, abu-abu gelap, serta merah muda yang meliuk dengan anggun. Urat tersebut juga tergambar dengan tegas dan tersebar secara tidak terstruktur, menghadirkan kesan keindahan yang abstrak di tiap sisinya. Akibatnya, tidak heran bila Calacatta banyak diletakkan di posisi strategis ruangan untuk memberikan statement.



Warna dasar putih di bongkahan batu marmer tipe ini memberikannya kemudahan untuk dipadu padankan dengan berbagai kombinasi warna furnitur serta hasil akhir suasana interior yang ingin anda capai. Namun, terdapat beberapa warna yang telah dipastikan mampu semakin menunjukkan keindahan marmer ini ketika dipasangkan penggunaannya dalam satu area yang sama. Warna putih dan abu-abu muda dalam suatu desain interior dapat membantu penggunaan marmer Calacatta memberikan tampilan yang cerah, ringan, dan netral di ruangan anda, sedangkan pemadanan dengan warna yang lebih berani seperti biru navy, hijau serta abu-abu tua dapat memberikan kontras dan keseimbangan. Untuk menonjolkan kemewahan dan mencapai kesan yang lebih elegan, marmer ini juga dapat dipasangkan dengan interior berwarna emas, sedangkan ketika dipasangkan dengan warna-warna lembut seperti beige atau graige, maka tampilan hangat dan nyaman akan lebih tercipta.

 

 

Dapat disimpulkan bahwa marmer Calacatta merupakan salah satu tipe batu alam yang paling banyak dicari untuk memberikan kesan mewah nan indah. Sering disalahpahami bentuk dan polanya dengan tipe Carrara, nyatanya Calacatta memiliki distingsi pola urat yang lebih tegas dibandingkan Carrara, sehingga tidak heran permintaan akan batu tersebut pun lebih tinggi dan lebih sulit untuk didapatkan. Kehadirannya yang berwarna dasar netral dilengkapi dengan pola urat beraneka warna menjadikan marmer ini dapat dengan mudah dan fleksibel dipadu padankan dengan berbagai furnitur interior area anda.


Jika anda mencari batu marmer tipe Calacatta dengan kualitas dan grade terbaik, pastikan untuk hanya mendatangkannya dari supplier terpercaya seperti PT. Intinusa Selareksa Tbk. (www.intinusa.com).

bottom of page