top of page

Marmer vs Granit: Mana yang Cocok untuk Interior Saya?

Memilih bahan yang tepat untuk menyusun desain interior yang harmonis dan fungsional dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Menggunakan bahan yang tepat dapat membuat ruang Anda menjadi semakin indah, bahkan meningkatkan nilai jual properti Anda nantinya. Batu alam, misalnya, merupakan bahan yang populer digunakan dalam desain interior. Keindahan alami dan ketahanan yang tiada duanya ini dapat memberikan sentuhan akhir yang sempurna pada ruang Anda.


Di antara semua jenis batuan alam yang digunakan untuk desain interior, batu marmer dan batu granit merupakan dua pilihan yang paling populer. Kedua bahan ini dikenal karena keindahan yang tak lekang waktu, polanya yang unik, dan ketahanannya yang tak tergantikan. Jika Anda tertarik menggunakan batuan alam dalam untuk properti Anda, namun belum menemukan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda, berikut pembahasannya.


Lobby kantor yang menggunakan lantai marmer
Dokumentasi (c) PT Intinusa Selareksa Tbk
  • Gaya Interior: Sebelum memilih marmer atau granit, Anda dapat menyocokkannya terlebih dahulu dengan tipe gaya desain interior yang akan Anda pakai. Jika Anda menyukai gaya desain yang elegan dan mewah, batu marmer menjadi pilihan yang cocok untuk dipadukan dengan interior Anda. Urat pada marmer umumnya menonjolkan keanggunan dan kemewahan suatu ruang. Marmer dapat dijadikan titik fokus dari suatu ruang maupun sebagai pelengkap ruangan yang bersatu padu dengan elemen ruangan lainnya. Jika Anda ingin menggunakan gaya yang lebih kasual, batu granit adalah bahan yang tepat untuk Anda. Granit memiliki beragam pilihan tekstur dan warna yang lebih beragam dan santai sehingga cocok dipadukan dengan gaya interior yang modern dan kontemporer.


  • Penggunaan dalam Ruang: Batu marmer dan batu granit dalam digunakan untuk berbagai jenis pengaplikasian, seperti top table, lantai, dinding, backsplash, anak tangga, wastafel kamar mandi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan jenis ruangan di mana Anda akan menggunakan batuan alami ini. Jika Anda hendak mengaplikasikannya pada area dengan lalu lintas tinggi seperti kamar mandi dan dapur, maka granit akan lebih cocok digunakan di situ.


Countertop wastafel kamar mandi yang menggunakan granit abu-abu
rorozoa / Freepik
  • Anggaran: Menggunakan batuan alam untuk interior Anda sudah pasti akan mengeluarkan lebih banyak biaya daripada tidak. Anda perlu mempertimbangkan anggaran yang tersedia dan rela Anda keluarkan untuk membeli, memproses, dan memasang bahan ini. Jika Anda memiliki budget dan waktu yang lebih luang, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan marmer dalam interior Anda.


  • Perawatan: Karena keduanya merupakan batuan alam, marmer dan granit perlu diberikan lapisan pelindung untuk menjaga pori-porinya tetap bersih. Selain itu, keduanya dapat dibersihkan menggunakan kain lembab dan cairan pembersih yang tidak mengandung bahan asam, amonia, atau bahan abrasif lainnya. Akan tetapi, marmer merupakan bahan yang relatif lebih sulit untuk dirawat dibandingkan dengan granit. Hal ini disebabkan oleh pori-pori granit yang akan merapat seiring dengan berjalannya waktu yang menyebabkan batuan ini menjadi keras sehingga tidak memerlukan penyegelan secara berkala.

Secara keseluruhan, baik marmer maupun granit merupakan pilihan yang bagus untuk interior rumah Anda. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang dapat mempercantik interior dengan hanya menambahkannya ke dalam furnitur, lantai, maupun dinding Anda.


Pastikan Anda memahami betul kebutuhan serta penggunaan ruang Anda sehingga dapat memilih bahan yang paling tepat antara marmer atau granit. Konsultasikan motif, ketebalan, serta warna marmer atau granit yang Anda butuhkan ke tim pemasaran produsen favorit Anda. Dapatkanlah marmer dan granit berkualitas tinggi yang tahan lama dan terus berkilau dari PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Kommentare


bottom of page