top of page

Papan MDF: Ternyata Perabotan Ini Juga Bisa Pakai MDF, Lho!

Papan MDF kerap menjadi pilihan pertama bagi banyak orang karena harganya yang terjangkau dan bahannya yang tebal dan kokoh. Bahan ini juga mudah dibentuk sehingga dapat membantu Anda untuk merancang dan membentuk perabotan sesuai dengan visi interior Anda. Fleksibilitas yang ditawarkan papan MDF menjadikannya bahan pilihan banyak pengrajin kayu. Permukaannya yang halus membuatnya mudah untuk dilaminasi atau dicat sesuai dengan kebutuhan Anda.


Banyak orang mungkin berpikir bahwa MDF hanya cocok untuk membuat lemari atau rak buku, tetapi ternyata ada banyak perabotan lain yang juga bisa dibuat menggunakan bahan ini. Mari kita lihat beberapa perabotan lain yang mungkin Anda belum tahu bisa dibuat dengan MDF.


Headboard tempat tidur yang terbuat dari papan MDF yang diberikan pelapis bertekstur kayu
Cup of Couple / Pexels
  • Headboard Tempat Tidur: Headboard atau kepala tempat tidur merupakan elemen kamar tidur yang dapat mempercantik interior Anda. Bagian tempat tidur ini dapat digunakan untuk menopang punggung saat duduk di atas tempat tidur. Sandaran ini juga dapat memberikan rasa aman ketika tidur karena adanya pemisahan antara area tidur dengan sisa ruang tempat tidur. Dengan finishing cat atau laminasi, headboard dari MDF dapat memberikan tampilan elegan dan modern pada kamar tidur Anda.


Foto meja rias berwarna putih yang memiliki laci dan kompartemen
RDNE Stock Project / Pexels
  • Meja Rias: Kemunculan kultur influencer dan kebiasaan belanja barang secara online menyebabkan banyak produk kecantikan yang dibeli oleh seseorang. Jenis peralatan dan produk kecantikan yang beragam ini membuat semakin banyak orang membutuhkan tempat penyimpanan yang rapi dan aman. MDF memungkinkan pembuatan meja rias dengan laci dan kompartemen penyimpanan yang dirancang khusus untuk kosmetik dan aksesoris. Anda bisa memilih finishing glossy untuk tampilan mewah atau matte untuk kesan minimalis.


Kamar mandi dengan bak mandi dan wastafel merangkap kabinet yang terbuat dari MDF
Vecislavas Popa / Pexels
  • Kabinet Kamar Mandi: Banyak orang yang beranggapan bahwa MDF tidak cocok untuk digunakan di kamar mandi karena terbuat dari serat kayu yang direkatkan. Akan tetapi, Anda dapat menggunakan jenis MDF yang direkatkan dengan resin tahan air untuk membuat kabinet kamar mandi yang sederhana dan indah. Kabinet yang terbuat dari MDF dapat dirancang dengan berbagai ukuran dan konfigurasi untuk menyesuaikan dengan ruang dan kebutuhan penyimpanan Anda.


Panel dinding yang terbuat dari MDF
Max Vakhtbovycn / Pexels
  • Panel Dinding Dekoratif: Salah satu pengaplikasian alternatif MDF adalah sebagai panel dinding (wall panel). Memberikan panel tambahan pada dinding Anda bisa memberikan aksen yang menarik pada ruangan mana pun. Papan MDF mudah dibentuk dan diukir sehingga cocok untuk sentuhan artistik yang detil. Karena permukaannya yang halus, panel ini juga dapat dicat atau dilaminasi untuk memberikan efek visual yang memukau.


Ruang makan dan dapur yang dipisahkan dengan kayu MDF
Max Vakhtbovycn / Pexels
  • Partisi Ruangan: Jika Anda memiliki ruang tengah yang besar dan memanjang, Anda mungkin membutuhkan alat pemisah yang memberikan privasi pada area tertentu. Partisi ruangan dari MDF dapat dibentuk dengan berbagai desain dan finishing, mulai dari pola geometris hingga ukiran artistik. Partisi MDF tidak hanya memberikan pembatas visual yang elegan, tetapi juga menawarkan kekuatan dan stabilitas yang baik.

MDF adalah bahan serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai jenis perabotan di rumah Anda. Dari headboard hingga partisi ruangan, MDF menawarkan fleksibilitas desain, kekuatan, dan keindahan yang tak kalah dengan kayu solid. Ekspresikanlah diri Anda menggunakan bahan ini dan wujudkan interior impian Anda.


Jika Anda tertarik menggunakan MDF untuk mewujudkan perabotan impian Anda, kunjungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page