top of page

Privasi dalam Penggunaan Fiber Optik : Transmisi Data yang Aman

Updated: Sep 22, 2023

Fiber optik sebagai sistem komunikasi semakin ramai dan marak digunakan oleh masyarakat umum, baik untuk kepentingan bisnis maupun di institusi pemerintahan. Kemampuannya untuk mengirimkan data tidak hanya efisien, tetapi ketersediaannya juga luas. Diketahui bahwa dalam dunia pengiriman data akhir-akhir ini, semakin tingginya kemudahan aksesi internet meningkatkan kasus kebocoran data yang menimbulkan kerugian besar bagi pihak terlibat – baik itu individu maupun organisasi. Oleh karena itu, menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih layanan penyedia internet kita yang tidak hanya mampu menyediakan jaringan yang stabil dan cepat, tetapi juga memberikan perlindungan tambahan terhadap komunikasi yang kita lakukan nantinya. Itulah mengapa, jaringan yang disediakan oleh fiber optik banyak dipilih karena perlindungan tambahan terhadap transmisi data yang ditawarkannya.



Bagaimana Fiber Optik Melindungi Data Penggunanya?


Terdapat beberapa kelebihan yang kabel fiber optik miliki untuk mengurangi kemungkinan kebocoran data dalam proses transmisinya :


1. Tidak menggunakan gelombang elektromagnetik

Di saat internet kabel berbahan tembaga mengirimkan datanya dalam bentuk gelombang elektromagnetik, internet dengan teknologi fiber optik mengirimkannya dalam bentuk cahaya LED. Oleh karena itu, penggunaan perangkat pendukung berbasiskan fiber yang bekerja tanpa menimbulkan pantulan gelombang elektromagnetik ini menjadikan data yang dikirimkan kebal terhadap berbagai gangguan intervensi maupun tabrakan sinyal dengan frekuensi gelombang lainnya – meminimalisir kemungkinan komunikasi yang kita lakukan dapat diketahui dan terdengar oleh pihak lain yang tidak dituju.


2. Kabel berbahan fiber lebih sulit untuk diinfiltrasi

Berbeda dengan kabel berbahan tembaga yang masih memungkinkan untuk menerima gangguan fisik karena dapat lebih mudah untuk diakses dan dipotong, kabel fiber optik dengan bagian yang lebih rumit memperkecil kemungkinan ini. Hal ini mengakibatkan jaringan fiber optik lebih dipercaya dalam urusan pengiriman informasi yang bersifat rahasia maupun sensitif.


3. Jaringan dan perangkat yang bekerja dengan sangat cepat.

Tidak hanya secara jaringan, perangkat-perangkat yang mendukung pengiriman data berbasiskan fiber mampu mengirimkan datanya dengan kecepatan sangat tinggi dan dengan latensi – kemungkinan keterlambatan pengiriman data – rendah. Kecepatan tinggi semakin menyulitkan pihak yang ingin mengintervensi untuk mengimbangi kecepatan pengiriman data, serta keamanan tinggi pun tetap diperoleh tanpa mengorbankan efisiensi waktu.



Maraknya tren Work from Home (WFH) dibandingkan bekerja secara on-site di kantor semakin meninggikan ketergantungan kita terhadap kebutuhan untuk mengirimkan data-data penting secara jarak jauh. Baik perusahaan yang sudah mengadaptasi tren WFH ini atau belum, penggunaan dan pemilihan jaringan yang dapat memberikan perlindungan terhadap transmisi informasi tetaplah penting, mengingat semua data-data yang diproses dan diolah oleh kantor maupun bisnis memiliki tingkat kepentingan dan kerahasiaan yang tinggi. Oleh karena itu, Netstar hadir sebagai salah satu penyedia jaringan terkemuka yang mampu mengakomodasi kebutuhan perusahaan anda akan internet yang dapat diandalkan secara kecepatan dan keamanan.


Jika anda membutuhkan jaringan internet yang cepat, aman, dan menjangkau berbagai wilayah Indonesia untuk bisnis anda, silahkan kunjungi kami di sini.

14 views0 comments

Comments


bottom of page