top of page

Tak Kenal Maka Tak Sayang: BOPP dan Manfaatnya

Apakah Anda pernah mendengar istilah BOPP? Mungkin Anda pernah melihatnya di iklan televisi atau mendengarnya di radio. Material ini merupakan bahan yang mungkin Anda sering temui namun tidak sadar atau memahami betul arti nama itu.


BOPP adalah singkatan dari Biaxially Oriented Polypropylene, sejenis plastik film yang terbuat dari polipropilena yang telah diregangkan secara aksial (dua arah) untuk meningkatkan kekuatan dan kekakuannya. BOPP dikenal dengan sifatnya yang transparan, kuat, tahan air, dan tahan lama.


Lorong di supermarket yang menunjukkan berbagai macam makanan kemasan

Bahan ini umumnya digunakan sebagai kemasan makanan, label sensitif tekanan, percetakan produk, laminasi, dan berbagai kebutuhan industrial lainnya. Tidak hanya dapat menjaga produk yang ia lindungi agar bisa lebih tahan lama, BOPP juga melindungi produk dari minyak, lemak, dan bahan kimia lainnya. Berkat inovasi teknologi yang cepat, BOPP juga dapat didaur ulang, bahkan barang akhirnya dapat dikaryakan menjadi barang-barang sederhana bernilai ekonomi seperti tas dan pouch.


Sifatnya yang serbaguna ini membuat film BOPP dapat digunakan di berbagai industri. Namun, apa saja manfaat yang dapat dirasakan dari menggunakan BOPP untuk memenuhi kebutuhan industrial Anda?


  • Keawetan dan Ketahanan: BOPP dikenal dengan kekuatan tarik dan sobeknya yang tinggi. Film ini tahan terhadap tusukan dan goresan, membuatnya ideal untuk kemasan yang perlu melindungi produk dari kerusakan fisik selama transportasi dan penyimpanan.

  • Tahan Air dan Kelembaban: Bahan ini bersifat kedap air dan uap air sehingga ideal untuk mengemas produk yang sensitif terhadap kelembaban. Hal ini dapat mencegah produk rusak akibat lembab, jamur, atau perubahan bentuk.

  • Transparansi Tinggi: Transparansi yang tinggi memungkinkan konsumen untuk melihat produk yang dikemas dengan jelas. Hal ini penting untuk produk-produk yang mengandalkan daya tarik visual, seperti makanan segar atau barang retail, serta untuk konsumen yang memiliki kekhawatiran atau alergi.



Empat buah tempat makanan yang dilapisi plastik BOPP sebagai penutup


  • Kemudahan Pencetakan: BOPP dapat dicetak dengan berbagai desain, logo, dan informasi penting menggunakan teknik cetak flexographic atau rotogravure. Ini memungkinkan produsen untuk menampilkan merek mereka, menyertakan informasi produk, atau menggunakan BOPP sebagai alat pemasaran visual lainnya.

  • Fleksibilitas: Berbagai ketebalan dan tingkat kekakuan BOPP membuatnya mudah untuk dibentuk, dilem, dan ditekan dengan mesin panas untuk menjadi kemasan yang menarik. BOPP yang lebih tipis cocok untuk dijadikan kemasan makanan ringan atau tas belanja, sementara BOPP tebal dapat digunakan untuk kantong semen dan produk-produk berat.

  • Ramah Lingkungan: BOPP umumnya lebih tipis dari material lain sehingga mengurangi konsumsi plastik secara keseluruhan. Dengan menggunakan mesin khusus, produk-produk yang menggunakan bahan BOPP dapat dipotong, dipadatkan, dan dijadikan pellet yang siap didaur ulang menjadi bentuk lain.


Itulah beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika menggunakan film BOPP untuk memenuhi kebutuhan kemasan produk Anda. BOPP menawarkan kombinasi ideal antara kekuatan, ketahanan air, transparansi, kemampuan cetak, fleksibilitas, dan kesadaran lingkungan.


Tak hanya menjaga produk tetap segar, BOPP juga merupakan bukti nyata bahwa inovasi kreatif dapat memberikan efek positif yang kuat tanpa kita ketahui. Gunakan film BOPP dengan kualitas ketebalan dan transparansi terbaik dari PT Argha Karya Prima Industry (https://arghakarya.com).

Comments


bottom of page