top of page

Eksplorasi Inovasi dalam Konstruksi : Memperkenalkan Melamine-faced Plywood

Semakin meningkatnya permintaan pengguna untuk memenuhi kebutuhan realisasi ide-ide kreatif dalam mendekorasi interior akhirnya menuntut produsen bahan, salah satunya PT. Sumatera Prima Fibreboard, untuk terus menghadirkan inovasi material papan jenis baru untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut. Inovasi produk salah satunya dihadirkan melalui Melamine-faced Plywood disingkat MFP, satu dari sekian jenis kayu lapis dengan lapisan melamin di permukaannya untuk menambahkan daya tahan serta hasil akhir yang indah. Di bawah ini akan kita bahas secara lebih lengkap dan mendalam untuk semakin mengenalkan anda dengan MFP!



Mengenal Lebih Dalam Melamine-faced Plywood


Seperti yang sudah diulas sebelumnya, MFP merupakan salah satu bentuk dari kayu olahan yang juga dilaminasi oleh kertas melamin yang diresapi oleh resin ke inti kayu. Berbeda dengan Melamine-Faced MDF (MFM) yang bahannya secara penuh terdiri dari fiber kayu yang ditekan, Melamine-faced Plywood di tengahnya ditambahkan kayu plywood yang diapit oleh MDF di atas dan bawahnya, baru kemudian diberikan lapisan kertas melamin.


Kayu yang digunakan untuk memproduksi MFP sendiri bisa beragam jenis, mulai dari pohon pinus, maple, birch, meranti, oak merah dan putih, membuktikan bahwa hampir semua jenis batang kayu pohon dapat dijadikan plywood asalkan setelah melalui proses tertentu. Lapisan melamin yang dilapisi ke atas permukaan plywood nantinya terbentuk dari resin plastik keras yang dikombinasikan dengan formaldehyde dan kemudian dikeraskan dalam proses pemanasan. Akibat pemberian lapisan melamin ini, kayu plywood nantinya akan lebih tahan terhadap berbagai goresan, cipratan air, maupun panas, sehingga inti kayu plywood di bawahnya tidak mudah rusak.


Aneka Ragam Hasil Akhir dan Pengaplikasiannya


Akibat lapisan kertas melamin yang ditekan dan dipanaskan ke permukaannya, menyebabkan berbagai warna, pola, dan hasil akhir pun memungkinkan untuk diproduksi. Mulai dari hasil akhir yang matte, glossy, hingga yang bertekstur menyerupai permukaan asli kayu pun tersedia untuk dipilih oleh pengguna untuk semakin memperluas opsi dalam kustomisasi papan MFP. Dengan pilihan-pilihan ini, diharapkan para pengguna dapat mengikutsertakan papan ini ke dalam berbagai aspek desain interiornya seperti dalam furnitur kabinet dapur, rak, juga meja.


Contoh pengggunaan Melamine-Faced Plywood (MFP) di area furnitur kabinet dapur.



Dapat terlihat bahwa Melamine-faced Plywood adalah salah satu material yang banyak diminati oleh pelanggan dikarenakan ketahanan dan fleksibilitasnya untuk digunakan dalam berbagai aplikasi desain interior. Tidak hanya kegunaan serta pola dan warnanya yang beragam, fleksibilitas yang ditawarkan oleh MFP juga hadir dalam harga pengadaannya, yang cenderung lebih murah dibandingkan material lainnya seperti kayu solid asli. Oleh karena itu, material ini dapat anda pertimbangkan untuk berbagai penggunaan, mulai dari dekorasi interior untuk rumah, kantor, maupun penggunaan komersial!


Bila anda mencari papan MFP yang berkualitas tinggi dengan berbagai opsi warna, pola, dan hasil akhir yang dapat meningkatkan keindahan dan daya tarik desain interior anda, pastikan untuk mengunjungi katalog kami di PT. Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).



Comments


bottom of page