top of page

Granit Motif Marmer: Alternatif Elegan untuk Rumah Anda

Granit motif marmer menawarkan kemewahan yang berbeda dengan jenis batu alam lainnya. Batuan beku ini merupakan gabungan antara kuarsa, feldspar, mikas, amfibol, serta mineral aksesori lainnya yang terbentuk di bawah permukaan bumi. Pembentukan batuan ini ditentukan oleh lingkungan sekitar tempat batuan tersebut terbentuk, seperti kondisi tektonik dan jenis magma yang terdapat pada pertambangan. Inilah mengapa granit berkepadatan tinggi umumnya ditemukan di area pegunungan yang dalam, di mana panas bumi juga lebih panas.


Berkat teknologi modern, granit kini dapat dibentuk dengan pola vena dan warna yang sangat mirip dengan marmer. Granit motif marmer dirancang untuk meniru tampilan dan pola alami pada marmer. Harganya yang terjangkau membuat banyak orang mulai beralih ke granit motif marmer untuk mendapatkan kemewahan di rumah dengan mudah.

Namun, apa sebenarnya yang membuat granit motif marmer ini spesial? Apa yang membedakannya dengan material lain? Simak pembahasannya di bawah ini.


Countertop wastafel kamar mandi yang terbuat dari granit motif marmer putih
Curtis Adams / Pexels

Mengapa Harus Granit?

Batu granit dikenal karena kekuatan dan daya tahannya yang luar biasa. Meski memiliki pori-pori yang jelas, batu granit akan menjadi lebih padat seiring dengan berjalannya waktu. Kepadatan ini akan membuat granit tidak mudah retak atau pecah meski termakan usia atau terpapar berbagai jenis gangguan eksternal. Itulah mengapa granit juga dapat digunakan di area outdoor atau area-area yang sering terpapar sinar matahari.


Tekanan serta suhu yang tinggi membuat batu granit menjadi lebih kuat dan kokoh. Hal ini didukung pula oleh campuran material keras di dalamnya, seperti pasir silika dan feldspar. Inilah yang kemudian membuat granit lebih kuat menahan bobot berat. Countertop atau meja yang terbuat dari granit memiliki ketahanan yang baik dan dapat menahan bobot hingga 450 kg.


Selain kekuatannya, motif yang ditawarkan oleh granit juga memiliki keindahan yang tak tergantikan. Sebagian besar motif granit yang dapat ditemukan memiliki motif bintik-bintik, namun tak jarang pula yang memilih granit yang sudah dimodifikasi agar meniru motif atau tekstur lain, seperti marmer, kayu, terrazzo, dan travertine. Teknologi ini memungkinkan banyak orang untuk merasakan manfaat granit dan memiliki variasi pilihan tekstur dan warna yang lebih banyak.


Countertop dan backsplash dapur yang terbuat dari granit motif marmer putih
rawpixel.com / Freepik

Aplikasi Granit Motif Marmer di Rumah

Jika Anda bingung cara mengaplikasikan granit motif marmer di rumah Anda, berikut ada beberapa usulan kami:


  • Countertop Dapur: Kombinasi daya tahan yang ditawarkan oleh batu granit dan motif marmer yang indah membuat banyak orang menggunakan bahan ini untuk countertop dapur. Countertop yang terbuat dari granit tidak mudah tergores dan ternodai sehingga cocok untuk digunakan di area dengan lalu lintas tinggi seperti dapur. Granit juga mudah untuk dibersihkan dibandingkan dengan material lain seperti kayu atau ubin.


  • Lantai: Granit motif marmer cocok untuk digunakan untuk lantai di area seperti ruang tamu, kamar mandi, dan lorong. Selain membuat ruangan terlihat elegan, granit motif marmer juga mudah untuk dibersihkan dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.


  • Dinding dan Backsplash: Menggunakan granit motif marmer pada dinding dan backsplash dapur atau kamar mandi dapat memberikan sentuhan elegan yang tiada duanya. Pola vena yang indah dapat menjadi titik fokus yang menarik di dapur atau kamar mandi Anda.

Granit motif marmer dapat menjadi pilhan cerdas bagi Anda yang menginginkan keindahan marmer tanpa mengeluarkan biaya lebih. Dari countertop dapur hingga lantai dan dinding, granit motif marmer dapat diaplikasikan ke berbagai bagian dari interior Anda. Jika Anda tertarik menggunakan granit motif marmer, pastikan Anda mendapatkannya dari pabrik terpercaya seperti PT Intinusa Selareksa Tbk (www.intinusa.com).

Kommentare


bottom of page