top of page

Inovasi MDF dan MFM: Penggunaan Kreatif dalam Desain dan Arsitektur Modern

Perkembangan dunia desain dan arsitektur selalu melahirkan inovasi dan solusi baru untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi masyarakat yang kian beragam. Para arsitek dan desainer interior harus menemukan jalan tengah antara visi mereka dan kondisi keuangan klien. Mereka harus mencari bahan yang terjangkau tanpa mengorbankan kualitas proyek dan keamanan klien mereka.


Belakangan ini, Medium Density Fibreboard (MDF) dan Melamine Faced MDF (MFM) mulai dilirik oleh pekerja kreatif ini untuk digunakan dalam proyek-proyek mereka. Ketahanan, ketebalan, dan permukaannya yang mulus membuat MDF cocok untuk digunakan dalam berbagai aspek kehidupan.

Sebagai bentuk pengembangan dari MDF, MFM menawarkan fungsionalitas tambahan dan finishing yang ciamik. MFM memberikan lapisan melamin tambahan yang direkatkan dengan kayu khusus di atas papan MDF. Lapisan ini membantu MFM agar lebih tahan air, tahan api, bahkan tahan terhadap bakteri.


Simak beberapa bentuk pengaplikasian MDF dan MFM dalam desain dan arsitektur modern berikut ini. Siapa tahu Anda bisa terinspirasi untuk merombak ulang interior Anda!


Ruangan dengan dinding yang dipasang panel MDF dan MFM sebagai lapisan pelindung dinding


  • Panel Dinding: Anda dapat melapisi dinding dengan menggunakan MFM. Lapisan melamine yang direkatkan di atas papan MDF yang kokoh dapat memberikan tekstur yang unik dalam suatu ruang. Anda dapat memilih berbagai jenis (woodgrain) sesuai dengan visi dan perencanaan Anda, seperti walnut, massonia pine, marina bay oak, fedara bora, dan maple. Panel dinding juga dapat dibentuk dan desain untuk membentuk pola yang unik di dinding, seperti garis horizontal, garis diagonal, persegi, bahkan berbentuk gelombang sekalipun.


Ruangan dengan lantai yang dilapisi MFM

  • Lantai: Hal yang serupa berlaku untuk lantai. Gunakanlah MFM untuk melapisi lantai ruang Anda dengan motif kayu yang cantik dan elegan. Tak hanya memiliki beragam motif dan tekstur, papan MFM juga memiliki lapisan anti air dan anti bakteri sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kerusakan air dan proses perawatan yang sulit.


Dinding yang didekorasi dengan dekorasi kayu MDF dan MFM seperti lukisan dan rak kayu

  • Dekorasi: Kayu dan papan kayu kerap dijadikan bahan dasar untuk membuat dekorasi rumah. Panel dinding, cornice, cetakan di atas kayu, lukisan di atas kayu, dan berbagai jenis dekorasi lainnya dapat dibuat dengan kayu. Oleh karena permukaannya yang halus dan rata, MDF dapat digambar atau dicetak dengan mesin untuk memberikan aksen tambahan di interior Anda.


Pameran lukisan yang menggunakan MDF dan MFM sebagai dinding pelapis display


  • Instalasi seni dan pameran: Apabila Anda memiliki galeri, hendak membuat booth di pameran, atau merupakan seorang seniman, MDF dan MFM dapat menjadi alternatif yang tepat. Bahannya yang kokoh dan mudah untuk dibentuk cocok untuk memenuhi kebutuhan instalasi seni, display foto dan lukisan, maupun sebagai bahan pembuatan furnitur pameran. Dengan penyimpanan yang benar, papan MDF dan MFM yang digunakan untuk pameran juga dapat digunakan kembali untuk pameran berikutnya.

MDF dan MFM merupakan inovasi material yang menawarkan berbagai keuntungan bagi desainer dan arsitek. Material ini serbaguna, tahan lama, estetis, dan ramah lingkungan, menjadikannya pilihan yang tepat untuk berbagai proyek desain modern. Pastikan Anda menggunakan papan MDF dan MFM berkualitas tinggi agar dapat bertahan lebih lama dalam properti kesayangan Anda.


Informasi lebih lanjut mengenai papan MDF dan MFM dengan ketebalan variatif dan bahan berkualitas, hubungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page