top of page

Cocok untuk Audiofil: Simak Cara Gunakan MDF untuk Peredam Suara

Bagi para pecinta musik, kualitas suara merupakan hal yang sangat penting. Baik itu seorang produser, pencipta lagu, penyanyi, atau seseorang yang ingin menikmati musik dengan kualitas terbaik, suara yang jernih tidak dapat digantikan dengan apapun. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas suara adalah kebisingan dari luar ruangan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan bahan peredam suara yang dapat memblokir suara dari luar atau menyerap suara seperti MDF (Medium Density Fiberboard).


Panel kayu MDF yang terpasang di tembok berwarna hitam

MDF adalah papan serat kayu yang terbuat dari serpihan kayu yang halus dan dipadatkan dengan resin dan lem. MDF memiliki sifat yang padat dan kaku, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan peredam suara. Papan ini juga memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada chipboard maupun plywood dan mudah untuk dipotong dan dibentuk tanpa harus menggunakan alat spesial sekalipun.


Papan MDF yang digunakan sebagai panel akustik dimodifikasi melalui pengeboran dan/atau dipotong hingga menyerupai panel-panel panjang. Panel ini kemudian ditambahkan lapisan akhir (finishing) dan lapisan penyerap suara agar dapat bekerja secara efektif.


Berikut adalah cara menggunakan MDF untuk meredam suara:


  • Pasang MDF di dinding. Anda dapat memasang MDF di dinding dengan menggunakan lem atau paku. Panel MDF sebaiknya dipasang dengan rapat agar tidak ada celah yang dapat menyebabkan kebisingan masuk. Panel yang dipasang di dinding dapat dipasang setengah ruangan saja atau dari langit-langit hingga lantai ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Laminasi MDF dengan bahan akustik. Anda dapat laminasi MDF dengan bahan akustik seperti kain atau busa untuk meningkatkan kemampuannya dalam menyerap suara. Memberikan laminasi dan mengkombinasikan MDF dengan bahan peredam suara lainnya dapat membantu Anda mendapatkan hasil yang terbaik.


Dua bilah papan MDF


  • Gunakan MDF untuk membuat panel akustik. Anda dapat menggunakan MDF untuk membuat panel akustik yang dapat dipasang di dinding atau langit-langit ruangan. Panel akustik merupakan papan yang didesain untuk mengurangi gaung dan gema dalam ruangan tertutup. Panel-panel ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas suara di ruangan dengan cara memantulkan suara dengan tepat. Tatkala difungsikan sebagai panel akustik, papan MDF kerap diberikan pelapis anti air untuk meningkatkan ketahanannya terhadap kelembaban atau lapisan tahan api untuk mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran besar.

  • Gunakan MDF untuk meredam suara di pintu dan jendela. MDF juga dapat digunakan untuk meredam suara di pintu dan jendela. Anda dapat mengkombinasikan MDF ketebalan 25 mm dan dengan lapisan busa penyerap suara menghadap ke luar jendela atau pintu. Dengan begitu, Anda dapat memblokir segala macam suara yang kiranya mengganggu ketenangan interior Anda.

Itulah beberapa cara MDF dapat digunakan untuk meredam suara di hunian atau ruang kerja Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda dengan teknisi audio untuk mengetahui jenis peredam apa yang cocok dengan kebutuhan Anda dan ruangan yang akan direnovasi. Pastikan Anda menggunakan MDF berkualitas tinggi dengan ketebalan yang tepat untuk memperoleh hasil maksimal.


Kunjungi website PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang MDF dan produk peredam suara lainnya.

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page