top of page

Internet Hotel: Menuju Konektivitas yang Lebih Cerdas dan Personal

Updated: May 17

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa akselerasi digital nyata terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Menurut data yang dihimpun oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet di Indonesia telah meningkat hingga 79,5 persen di tahun 2024. Survei yang ini menunjukkan bahwa generasi milenial (usia 28 - 43 tahun) merupakan persentase terbesar (93,17 persen) dari para pengguna internet, dan disusul oleh Gen Z pada 87,02 persen.


Kedua generasi inilah yang akan memenuhi kamar-kamar di hotel Anda di masa yang akan datang dan memanfaatkan seluruh fasilitasnya. Oleh karena itu, layanan internet hotel yang baik menjadi semakin penting dan perlu terus dikembangkan untuk meningkatkan kepuasan para tamu.


Seorang perempuan duduk di tempat tidur sambil menggunakan laptop
jcomp (c) Freepik

Jika Anda ingin mengenal lebih lanjut mengenai beberapa tren yang akan membentuk masa depan internet hotel, berikut beberapa pembahasannya.


  • Jaringan yang Lebih Cepat dan Stabil: Ketika membicarakan soal koneksi cepat dan stabil, jaringan wifi 6 dan 5G merupakan beberapa inovasi yang muncul belakangan ini. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, memiliki kedua jaringan ini akan menunjang kegiatan streaming video, bermain game online, dan melakukan video call dari kamar hotel tamu Anda.


  • Personalisasi Pengalaman Internet: Mempersonalisasi pengalaman internet para tamu dapat dilakukan berdasarkan preferensi dan kebiasaan mereka. Hotel akan dapat menggunakan data dari program loyalitas tamu untuk merekomendasikan konten dan layanan yang relevan pada layar televisi maupun smartphone tamu Anda.


  • Integrasi dengan Perangkat Cerdas: Perangkat cerdas seperti smartphone, tablet, dan smartwatch semakin lazim digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain untuk memenuhi kebutuhan individu, perangkat cerdas kini juga digunakan untuk kebutuhan rumah seperti memantau suhu ruangan, konsumsi energi, bahkan memproyeksikan video ke televisi. Selain mempersiapkan perangkat keras smart rooms, Anda juga perlu meningkatkan koneksi internet Anda agar perangkat tersebut terus berjalan tanpa hambatan.


Seorang laki-laki duduk di kursi rotan sambil menggunakan tablet
cuncon (c) Pixabay


Menyongsong Masa Depan: Hal-hal Yang Perlu Diwaspadai

Meningkatkan kapasitas dan jangkauan internet di hotel Anda dapat menjadi suatu investasi yang berharga. Untuk menyambut masa depan yang serba digital, menghadirkan konektivitas yang lebih cerdas dan personal bagi para tamu dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi hotel Anda. Hotel yang mampu beradaptasi dengan tren ini akan dapat memberikan pengalaman yang lebih memuaskan bagi para tamunya serta meningkatkan daya saing hotel di pasar yang semakin kompetitif.


Penerapan teknologi yang lebih canggih dan teraktual tentu akan menyebabkan peningkatkan biaya paket internet serta perawatan alat yang ada di dalam hotel Anda. Selain itu, tim IT maupun engineering hotel Anda perlu mewaspadai pentingnya privasi data dan menjaga keamanan siber hotel serta tamu-tamu Anda. Apabila hotel Anda dapat meningkatkan privasi dan keamanan, niscaya para tamu pun akan merasa nyaman untuk menggunakan fasilitas Anda.

Carilah penyedia layanan internet yang terpercaya dan komunikatif agar koneksi internet Anda senantiasa stabil. Periksa juga review dari para pengguna lainnya untuk memastikan kualitas layanan servis yang diberikan oleh mereka agar koneksi internet Anda selalu cepat dan stabil. Untuk mendapatkan layanan internet yang cepat dan stabil sekaligus layanan teknisi yang tanggap, pertimbangkanlah Netstar (www.netstar.id) sebagai provider Anda.

Comments


bottom of page