top of page

IPTV : Mengenali Pengalaman Hiburan Baru yang Tidak Terhingga

Hiburan merupakan komponen penting dalam hidup manusia. Walaupun sekarang ini kehadiran internet seakan menggeser kebutuhan televisi sebagai sumber hiburan utama, tetapi pengalaman menonton lewat televisi tetap tidak dapat tergantikan oleh konten-konten yang tersedia di sosial media – seperti tayangan berita dan serial hiburan yang eksklusif tayang di saluran-saluran televisi. Dengan keberadaan internet sekarang, khususnya yang menggunakan kabel fiber optik, memungkinkan penayangan layanan televisi tidak lagi harus disalurkan melalui kabel maupun siaran sinyal, tetapi memanfaatkan jaringan internet yang cepat dan stabil. Penayangan layanan televisi seperti ini hadir dengan nama Internet Protocol Television atau IPTV.



Gambar ilustrasi oleh pch.vector di Freepik


Apa itu Internet Protocol Television?


Sesuai dengan namanya, Internet Protocol Television (IPTV) merupakan sistem yang menghadirkan penayangan konten televisi melalui jaringan Internet Protocol (IP) yang bekerja melalui internet biasa atau jaringan area lokal – local area network (LAN). Oleh karena itu, penayangan berbagai program hiburan TV yang sifatnya langsung (live) maupun konten video on-demand (VoD) melalui IPTV tidak lagi dengan koneksi kabel atau siaran sinyal satelit yang biasa digunakan dalam siaran TV tradisional, melainkan memanfaatkan konektivitas internet kecepatan tinggi yang lebih menyeluruh sehingga dapat mencakup pengguna dalam skala besar. Karena memanfaatkan jaringan internet yang biasanya menggunakan koneksi kabel fiber optik, IPTV pun tidak hadir sebagai layanan tunggal. Para operator jaringan yang menawarkan IPTV ini biasanya sekaligus menawarkan koneksi lain seperti layanan internet dan telepon yang sudah tersedia sebelumnya.


Sejarah Kemunculannya


Layanan untuk menghadirkan pengalaman menonton TV melalui jaringan internet ini mulai dikembangkan sejak tahun 1995 oleh perusahaan Precept Software, tetapi baru banyak diminati dan semakin masif permintaan pemasangannya di pertengahan tahun 2000an. Dengan semakin maju dan berkembangnya infrastruktur internet – salah satunya dengan semakin meluasnya jaringan kabel fiber optik yang terpasang – penayangan hiburan televisi jenis ini pun menggeser siaran televisi tradisional lain, mengingat penayangannya tidak terbatas untuk disiarkan di perangkat televisi, tetapi juga bisa diakses di perangkat telepon genggam, tablet, dan komputer.


Kelebihan apa yang ditawarkan IPTV?


Dikarenakan bekerja melalui koneksi internet, layanan IPTV memungkinkan penayangan program-program televisi secara langsung atau real-time dan memungkinkan penggunanya untuk mengakses konten dalam bentuk video on-demand (VoD) melalui model layanan dengan sistem berlangganan seperti Netflix dan HBO Max . Kebebasan yang ditawarkan oleh penyedia IPTV bagi penggunanya untuk mengakses berbagai tayangan VoD dan pada saat bersamaan juga dapat mengakses saluran televisi favoritnya merupakan kelebihan yang menjadikan layanan IPTV unggul dibandingkan televisi kabel dan satelit.



Jika anda mencari layanan yang menyediakan jasa pemasangan TV kabel yang menawarkan hiburan tak terbatas, Netstar dapat menjadi pilihan anda. Tidak hanya TV kabel, jaringan fiber optik yang digunakannya juga dihadirkan lewat paket 3-play (three-play), di mana pengguna sekaligus dapat menikmati koneksi internet melalui Wi-Fi yang stabil serta layanan jaringan telefon dengan pengiriman dan penerimaan suara jernih yang mampu mendukung bisnis anda secara maksimal.


Kunjungi berbagai layanan dan paket IPTV, internet, dan telepon kualitas tinggi yang Netstar miliki di sini www.netstar.id.



9 views0 comments

Comments


bottom of page