top of page

Komunikasi dari Masa Depan : Mengenal Layanan Internet Protocol Telephony (IPT)

Apa itu Internet Protocol Telephony?


Internet Protocol Telephony disingkat IPT adalah sebuah terobosan teknologi dalam dunia komunikasi telepon yang memudahkan komunikasi lewat berbagai multimedia suara dikirimkan melalui internet. Di saat biasanya panggilan suara dikirimkan melalui media analog bernama public switched telephone network lines atau saluran jaringan telepon umum, teknologi IPT memungkinkan pengiriman dan penerimaan telepon ditransmisikan sebagai paket data digital lewat koneksi internet dan bukan lagi lewat saluran jaringan telepon analog biasanya. Salah satu turunan dari teknologi IPT dan sering disalah artikan sebagai satu dengan yang lain adalah Voice over Internet Protocol atau disingkat VoIP. Perbedaan keduanya adalah di VoIP, sistem telepon sengaja didesain untuk memindahkan lalu lintas suara yang dilakukan secara langsung melalui internet secara eksklusif, sedangkan IPT tidak hanya mampu memindahkan panggilan suara secara langsung melalui internet, tetapi juga faks, pesan, dan bahkan bentuk data lainnya.



Awal Kemunculan


Awal kemunculan teknologi IPT ini dimulai sekitar tahun 1970an, yakni berawal dari usaha pembentukan jaringan komunikasi berdaya tahan tinggi yang diusahakan oleh Kementerian Pertahanan Amerika Serikat ketika sedang dalam ambang perang nuklir dengan Uni Soviet. Dalam upaya pengembangan teknologi ini, komunikasi media suara-lah yang diuji coba lewat jaringan ini dan kemudian menjadi dasar dari pengembangan teknologi IPT yang kita ketahui sekarang. Dua puluh tahun kemudian pada sekitar 1990an di mana fasilitas jaringan internet sudah semakin meluas dan berkecepatan tinggi menjadikan penggunaan IPT semakin diminati karena kepraktisannya. Akhirnya, layanan IPT dengan VoIP sebagai salah satu variasinya pun mulai resmi diluncurkan ke pasaran pada 1995.


Caranya Beroperasi


IP Telephony bekerja dengan cara memanfaatkan internet protocol dan Local Area Network (LAN) untuk memindahkan panggilan suara dan informasi lainnya. Proses IPT memindahkan panggilan suara dan datadilakukan dengan melakukan scan dan mengidentifikasi suara orang yang berbicara dari yang tadinya berbentuk sinyal analog ke dalam versi digital. Data suara yang sekarang berbentuk digital kemudian ditransmisikan lewat jaringan yang luas dalam format data. Secara garis besar, percakapan yang dilakukan lewat IP Telephony direkonfigurasi ulang melalui sistem internet protocol dan kemudian dimasukkan ke dalam jaringan yang luas agar dapat diterima oleh koneksi internet jaringan penerima yang dituju.




Dapat dilihat bahwa teknologi IP Telephony muncul seiring dengan semakin maju dan meluasnya penggunaan internet. Dengan memanfaatkan kecepatan jaringan internet, teknologi IPT mampu memberikan konsumen pengalaman untuk melakukan komunikasi suara berkualitas tinggi dengan biaya yang murah.


Jika anda ingin merasakan pengalaman keleluasaan bertelepon dengan kualitas suara yang High Definition (HD), pastikan untuk hanya memercayakannya pada Netstar (www.netstar.id).

Comments


bottom of page