top of page

IPTV vs. TV Kabel : Berbagai Medium untuk Menghadirkan Hiburan Terbaik Untukmu!

Berbagai tayangan sekarang dapat diakses secara luas untuk ditonton kapan pun dan dari mana pun akibat kemajuan teknologi. Ini membuat ketergantungan kita terhadap media-media tayangan hiburan seperti televisi semakin meningkat. Aneka ragam konten yang dengan mudah tersedia lewat televisi menjadikan teknologi penayangan hiburan ini telah menjadi infrastruktur teknologi paling banyak tersebar di dunia setelah jaringan telepon dan tenaga listrik. Kehadiran televisi tidak hanya berdampak besar pada cara masyarakat menikmati hiburan, tetapi juga mempengaruhi informasi yang mempengaruhi aspek kehidupan lain seperti gaya hidup, edukasi, dan bisnis.



Berdasarkan cara pengadaan tayangannya, televisi dapat dibagi ke dalam dua jenis, yakni televisi jaringan kabel dan televisi jaringan internet atau Internet Protocol Television (IPTV). TV kabel hadir terlebih dahulu pada pertengahan abad ke-20 dengan mengandalkan jaringan kabel – awalnya kabel tembaga dan sekarang dengan fiber optik – untuk menghubungkan sinyal-sinyal TV. Sedangkan, IPTV baru muncul dan berkembang di tahun 2000an dengan mengandalkan kemajuan internet dan teknologi digital, di mana jaringan internet dengan kecepatan tinggi dimanfaatkan untuk menyediakan tayangan bersifat digital. Di bawah ini akan dibahas perbandingan yang dimiliki oleh TV kabel dan IPTV untuk membantumu mencari jenis TV yang paling sesuai dengan kebutuhan!


Perbandingan antara TV Kabel dan IPTV


  • Cara penayangan konten

IPTV menggunakan jaringan protokol internet sehingga para penontonnya tidak hanya dapat mengakses tontonan TV secara langsung (live TV), tetapi juga konten video on-demand (VoD) yang tersimpan di server lokal, dan juga mampu menghadirkan fitur-fitur interaktif seperti pengaturan TV melalui smartphone. Di lain sisi, TV kabel menggunakan jaringan kabel fisik yang telah terinstalasi di wilayah khusus yang sudah terpasang. Tayangan konten baru dapat dinikmati bila set televisi sudah terkoneksi dengan kotak kabel tersebut. Interaktivitas yang ditawarkan oleh TV kabel juga terbatas karena tidak semua penyedia layanan TV kabel menawarkan konten-konten VoD.

  • Kestabilan penayangan konten

Karena mengandalkan jaringan kabel fisik, maka para pengguna TV kabel yang tinggal di wilayah dengan jaringan kabel yang baik–seperti perkotaan–dapat dipastikan mampu berganti saluran TV dengan aman tanpa hambatan. Tayangan konten dengan gambar jernih pun dapat dinikmati tanpa adanya buffering menjadikan TV kabel sampai sekarang masih menjadi andalan bagi para penayang untuk menampilkan siaran langsung. Namun, karena IPTV mengandalkan koneksi internet, maka kelancaran tayangan yang dapat dinikmati tergantung dari kualitas internet tersebut juga.

  • Pilihan dan waktu ketersediaan tayangan

Tayangan yang tersedia lewat TV kabel setiap acaranya terpaku pada jam dan hari tertentu tergantung dengan keputusan penayang akibat jadwal broadcasting yang terbatas. Selain itu, TV kabel juga hadir dengan penawaran layanan dengan saluran-saluran TV tertentu sesuai dengan kesepakatan dan pengaturan awal pengguna. Berbeda dengannya, saluran dan tayangan yang tersedia lewat IPTV dapat diatur sesuai dengan preferensi penggunanya. Selain itu, pengguna layanan IPTV juga tidak perlu khawatir tertinggal tayangan dari suatu acara khusus, karena aksesibilitasnya yang tidak terbatas pada waktu dan hari tertentu.


Baik TV kabel maupun IPTV menawarkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam beberapa kasus, pengguna TV kabel juga dapat mengakses tayangan diluar hari dan waktu yang telah ditentukan penyiar seperti IPTV, asalkan memiliki dan mengingat untuk merekam dan menyimpan tayangan tersebut menggunakan digital video recorder (DVR). IPTV juga mampu menayangkan berbagai konten secara lancar seperti TV kabel asalkan jaringan internet yang digunakan cepat dan stabil, sehingga mampu mengakomodasi penayangan tanpa terkendala. Pengguna TV kabel juga dapat menambahkan aneka saluran tontonan dengan tambahan biaya sesuai dengan paket yang disediakan oleh penyedia layanannya.



Oleh karena itu, IPTV maupun TV kabel sama-sama dapat secara maksimal menyediakan hiburan tak terbatas bagi para penontonnya. Baik TV jenis kabel maupun IPTV, pastikan hanya memilih penyedia layanan televisi yang berkualitas dan terpercaya untuk mengakomodasi pemasangan saluran hiburan di areamu, seperti Netstar yang mampu menghadirkan lebih dari 100 saluran TV lokal dan internasional yang dapat dengan mudah disesuaikan dengan preferensi untuk menemani waktu luang dan kebutuhan informasimu.


Kunjungi berbagai layanan dan paket IPTV, internet, dan telepon kualitas tinggi yang ditawarkan oleh Netstar (www.nestar.id) .

12 views0 comments

Comments


bottom of page