top of page

Alasan Gunakan Melamine-Faced MDF untuk Perabotan Rumah Tangga

Melamine-Faced MDF atau MFM menjadi inovasi yang memperkuat karakteristik papan MDF untuk digunakan dalam proyek perabotan rumah tangga. Penambahan lapisan melamin (melamine paper) meningkatkan nilai jual papan MDF yang sudah dipercayai karena daya tahannya yang baik.


Melamin menjadi pilihan PT Sumatera Prima Fibreboard sebagai pelapis papan MDF yang mereka produksi. Bahan yang digunakan untuk lapisan ini mudah untuk diberikan berbagai jenis warna dan tekstur yang menyerupai kayu natural. Inilah yang kemudian membuat MFM ideal untuk membuat perabotan dan proyek desain interior. Lapisan melamin ini juga dapat mempertahankan kestabilan dimensi kayu, bersifat fleksibel, memiliki kepadatan yang tinggi, serta konsisten dalam kualitasnya.


Berbagai macam tekstur dan warna MFM

Selain indah untuk dilihat, ada beberapa alasan lain yang membuat MFM menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan perabotan Anda.


Tahan Air, Tahan Api, Tahan Gores

Julukan MFM sendiri tidak muncul hanya karena pelapis melaminnya, melainkan juga karena kombinasi bahan-bahannya. Lapisan melamin dapat digabungkan dengan berbagai jenis MDF yang telah diolah agar memiliki ketahanan yang berbeda dari MDF pada umumnya. Beberapa jenis papan dasar (base board) yang dimiliki PT Sumatera Prima Fibreboard, misalnya, terdiri atas MDF, High Moist Resistance (HMR), Fire Retardant MDF (FRM), dan Compact Density Fibreboard (CDF). Menggabungkan papan-papan dasar ini dengan lapisan melamin dapat meningkatkan nilai dan ketahanan produk ke tahap selanjutnya.


Kemudahan Perawatan

Lapisan melamin pada MFM mudah dibersihkan dan dirawat. Anda cukup membersihkan permukaan dengan kain lembab dan sabun cuci piring ringan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Hindari menggunakan bahan kimia keras atau pembersih yang abrasif karena dapat merusak lapisan melamin.


Interior dapur yang dilapisi MFM untuk backsplash, dinding, dan countertop

Fleksibilitas Desain dan Bentuk

Papan MFM tersedia dalam berbagai macam warna, tekstur, dan pola. Anda dapat memilih warna yang solid untuk tampilan modern dan minimalis, atau pola kayu realistis untuk menciptakan suasana yang hangat dan alami. Papan MFM juga dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk dan desain, baik untuk membuat perabotan unik dengan desain bergelombang maupun lemari persegi biasa. Anda dapat menemukan perabotan MFM dalam berbagai macam desain tradisional hingga kontemporer.


Harga Terjangkau

Jika dibandingkan dengan material berbasis kayu lainnya seperti kayu solid (solid wood), MFM merupakan pilihan yang lebih terjangkau. Selain karena MDF dapat memanfaatkan serpihan kayu sisa potongan dan bahan daur ulang lainnya, lapisan melamine paper sendiri masih terjangkau untuk membuat MFM.

Demikianlah beberapa alasan mengapa Melamine-Faced MDF merupakan bahan yang ideal untuk memenuhi berbagai kebutuhan gaya dan dekorasi ruang. Baik untuk membuat perabotan tradisional, perabotan unik, maupun dekorasi artistik vintage, Anda dapat menggunakan imajinasi Anda untuk membentuk papan ini.


Papan MFM yang fungsional sebaiknya tidak hanya indah, melainkan juga terbuat dari bahan berkualitas tinggi. PT Sumatera Prima Fibreboard tak hanya memproduksi papan MFM dengan kualitas tinggi melainkan juga dengan berbagai ketebalan dimulai dari 1.0 mm hingga 25 mm sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Untuk informasi mengenai jenis papan MDF lainnya, hubungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id) sekarang juga.

Comments


bottom of page