top of page

Internet Cepat di Sekolah: Perspektif Pasca Pandemi

Updated: Apr 16

Dalam proses menavigasi pandemi global, dunia pendidikan mengalami transformasi digital secara masif. Banyak sekolah yang ditutup untuk mengurangi kontak fisik antara murid, guru, dan juga staf sekolah. Untuk itu, sebagian besar sekolah pun mengadopsi pembelajaran jarak jauh atau hibrida untuk mengakomodasi kebutuhan pendidikan.


Kabel ethernet yang tersambung ke modem

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pasca pandemi internet menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia, termasuk guru dan pelajar. Akses internet membuka kesempatan bagi guru dan juga para murid untuk memperoleh informasi dan pengetahuan tambahan dengan cepat. Baik itu berita terkini, penemuan terkini, maupun data mengenai fenomena modern yang belum tercantum di buku cetak semuanya dapat diakses dengan internet.



Meski kegiatan belajar mengajar tak lagi jarak jauh seperti masa pandemi, akses internet harus terus dibuka untuk menunjang kegiatan sekolah. Berikut beberapa alasannya:


  • Membuka jendela inspirasi selama kegiatan belajar mengajar: Dengan membuka akses internet di jam sekolah, para guru dan murid bisa menyusuri internet untuk mencari inspirasi. Baik dalam bentuk video, grafik, maupun tulisan, membuka akses internet dapat membantu para guru dan murid untuk meningkatkan kualitas pengajaran (bagi guru) dan tugas yang diserahkan (bagi murid) karena dapat mengakses inspirasi dari dunia maya.

  • Memudahkan akses e-book atau perpustakaan digital: Di masa modern ini, pengetahuan bisa berasal dari mana saja, termasuk dari perpustakaan digital. Dengan layanan seperti iPusnas atau Ruang Buku Kominfo, baik guru maupun murid dapat dengan mudah mengakses ratusan buku digital gratis dari perpustakaan digital dari layar ponsel mereka.

  • Memudahkan proses penugasan dan mengumpulkan tugas: Variasi metode penugasan dan pengumpulan tugas kini menjadi lebih kreatif berkat kehadiran internet. Para guru dapat memberikan tugas berbasis daring seperti posting di sosial media untuk proyek kampanye, mengunggah video presentasi atau peragaan, bahkan memberikan kesempatan bagi para murid untuk berkarya lewat laman maupun sosial media yang tersedia di internet. Dengan begitu, kegiatan belajar mengajar pun jadi lebih interaktif dan menarik untuk dikerjakan oleh para murid di sekolah.


Seorang anak perempuan sedang menggunakan laptop

Koneksi internet yang cepat dan aman sebaiknya menjadi pertimbangan sekolah ketika hendak meningkatkan kualitas fasilitas mereka. Koneksi yang baik tak hanya dapat menunjang proses pencarian informasi dan pengetahuan saja, melainkan juga menunjang kegiatan belajar mengajar agar jadi lebih efektif.


Untuk itu, pihak sekolah seyogyanya mencari penyedia jasa internet terpercaya yang dapat memastikan kecepatan dan keamanan koneksi internet di sekolah. Layanan internet untuk sekolah dari Netstar dapat menunjang kegiatan belajar mengajar sampai tuntas. Baik guru maupun murid tidak perlu khawatir koneksi internet akan melambat atau dapat memicu serangan siber di tengah jam sekolah.


Gunakan koneksi internet yang kuat, cepat, dan aman untuk kebutuhan sekolah Anda, hubungi Netstar (www.netstar.id) untuk informasi lebih lanjut.

Comments


bottom of page