top of page

Meningkatkan Kepuasan Tamu: Dampak Koneksi Internet Cepat dalam Bisnis Hotel

Tuntutan untuk terkoneksi baik demi kepentingan profesional, personal, maupun hiburan merupakan bagian dari gaya hidup yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Untuk menunjangnya, berbagai tempat khususnya fasilitas dan layanan publik pun perlu menyediakan aksesibilitas serta dukungan koneksi setidaknya sesuai dengan standar kecepatan dan cakupan minimum agar tidak mengganggu aktivitas berinternet pelanggannya. Di masa sekarang, hal yang akan menjadi nilai tambah bagi bisnis di mata konsumen adalah keunggulan konektivitas yang mampu disediakannya. Salah satu bisnis yang sangat bergantung terhadap layanan konektivitas yang diberikannya untuk memastikan kepuasan pelanggan adalah bisnis perhotelan.




Manfaat bagi Tamu


Berdasarkan survei yang dilakukan Hotels.com, 56% pelanggan hotel adalah business traveler yang menyatakan konsiderasi utama mereka saat menentukan tempat menginap adalah kecepatan internet yang disediakan gratis oleh pengelola hotel untuk mendukung tugas profesi mereka seperti korespondensi email, konferensi video secara daring, dan aksesi data di penyimpanan cloud. Statista melalui survei yang berbeda juga menemukan setidaknya 89% respons pelanggan hotel mengatakan akses internet yang gratis dan lancar merupakan komponen krusial selama menginap. Kebanyakan pelanggan hotel menginap selain untuk urusan pekerjaan adalah untuk berwisata. Akses internet dibutuhkan oleh tamu untuk mencari informasi dan reservasi atraksi, kuliner, dan opsi transportasi yang ada di sekitar mereka. Selama berlibur, para tamu juga membutuhkan internet yang terpercaya untuk membagikan pengalaman dan dokumentasinya selama berpergian, maupun untuk mengakses hiburan melalui layanan tayangan berlangganan seperti Netflix.




Manfaat bagi Hotel


Tidak hanya memberikan manfaat untuk memastikan kepuasan tamu, akses internet yang baik juga menjadi penunjang utama dari kelancaran operasional bisnis hotel tersebut. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang sebagian besar tamu melakukan reservasi kamar untuk menginap melalui platform penunjang perjalanan seperti Traveloka, tiket.com, Agoda, dan bahkan situs web hotel itu sendiri. Agar tamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan alokasi kamar dan pelayanan yang dipesannya, karyawan membutuhkan internet yang cepat untuk mengakses data dan informasi pemesanan. Tidak hanya resepsionis, layanan bagian housekeeping bisnis hotel yang bertugas untuk membersihkan area kamar sebelum dan setelah dibersihkan tamu juga dapat bekerja dengan lebih efisien karena melalui notifikasi yang diterima secara real-time oleh housekeeping dari resepsionis ketika ada tamu yang masuk maupun keluar, dapat mempercepat tanggapan housekeeping untuk melakukan pembersihan dan persiapan kamar bagi tamu selanjutnya.



Itulah manfaat dari pemasangan internet yang cepat dan berkualitas di lingkungan bisnis perhotelan. Tidak hanya internet tersebut sangat bermanfaat untuk memberikan pengalaman layanan maksimal bagi tamu selama menginap, tetapi internet juga berjasa dalam memastikan kelancaran operasionalisasi hotel. Oleh karena itu, pastikan konektivitas internet yang terpasang di bisnis hotel anda mampu memberikan pengalaman menginap yang tidak terlupakan bagi tamu dan mendukung pengembangan kualitas operasionalisasi hotel anda hanya dengan menggunakan Netstar (www.netstar.id).



Comments


bottom of page