top of page

Kenalan dengan Arlene and Areta: Film Unggulan Argha Karya Prima Industry

Apa yang pertama kali muncul di benak Anda ketika mendengar kata ‘kemasan’?


Mungkin pouch, bungkus permen, kotak kiriman paket, poly mailer — banyak sekali jenis kemasan yang dapat ditemukan dalam keseharian kita. Selain mempermudah pemindahan barang dalam jumlah besar, kemasan yang baik dapat membantu melindungi produk Anda dari kerusakan fisik maupun kimiawi. Kemasan dari suatu produk merupakan sarana penting untuk pemasaran sehingga kerap dirancang dengan warna mencolok, menggunakan bahan ringan, juga tahan lama untuk hasil optimal.


Dari sekian banyak jenis kemasan yang ada di luar sana, kemasan makanan merupakan jenis yang paling populer dan mudah ditemukan dalam keseharian kita. Kemasan makanan penting untuk menjaga kesegaran produk, melindunginya dari kerusakan eksternal, sekaligus menjadi alat pemasaran produk. Untuk itu, kemasan makanan wajib memiliki ketahanan yang baik, dapat dicetak dengan berbagai jenis desain, dan tentunya aman untuk digunakan dengan makanan (food grade).


Seorang laki-laki membungkus kardus besar menggunakan film kemasan
rawpixel (c) Freepik

Didirikan pada tahun 1980, PT Argha Karya Prima Industry merupakan perusahaan pertama di Asia Tenggara yang memproduksi film Biaxially Oriented Polypropylene (BOPP) secara massal. Istilah “biaxial orientation” sendiri mengacu pada teknik produksi plastik film yang ditarik ke dua arah berlawanan secara serentak. Teknik peregangan ini membuat film BOPP menjadi lebih tahan lama, konsisten, kuat dan juga fleksibel. Selain film BOPP, PT Argha Karya Prima Industry juga memproduksi film BOPET (polyethylene terephthalate) menggunakan teknik peregangan serupa.


Produk unggulan PT Argha Karya Prima Industry, Arlene dan Areta, umumnya diproduksi untuk memenuhi keperluan industrial dan barang konsumen. Apakah ada perbedaan yang signifikan antara keduanya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.


  • Arlene (film BOPP): Bahan polipropilena merupakan termoplastik yang dibuat untuk tujuan pengemasan. Arlene sendiri memiliki transparansi yang tinggi, sehingga memudahkan konsumen untuk melihat apa yang mereka beli. Selain itu, Arlene memiliki daya tahan panas yang baik — membuatnya cocok untuk produk yang membutuhkan sterilisasi dan kemasan yang dapat menjaga keutuhannya dalam waktu yang lama. Yang membedakan Arlene dengan film PP lainnya adalah penggunaan satu bahan PP yang mudah didaur ulang (mono material).


  • Areta (film BOPET): Dibandingkan dengan Arlene, Areta yang terbuat dari film BOPET memiliki kekuatan tarik yang lebih tinggi. Itulah mengapa BOPET seringkali ideal untuk aplikasi yang membutuhkan ketahanan ekstra, seperti film laminasi dan kemasan vakum. Meski memiliki karakteristik yang serupa dengan Arlene, Areta cenderung lebih padat dan tebal dengan pori-pori yang kecil. Ketebalan inilah yang membuatnya cocok untuk menjaga produk dari kimia dan pelarut berbahaya, mencegah kebocoran aroma, dan menghasilkan cetakan digital yang lebih terang dan hidup.


Roll film plastik di pabrik PT Argha Karya Prima Industry
Foto (c) PT Argha Karya Prima Industry

Arlene dan Areta dari PT Argha Karya Prima Industry hadir sebagai solusi kemasan yang inovatif dan berkualitas tinggi. Dengan ketahanan yang tinggi dan transparansi yang jelas, kedua film ini cocok untuk memenuhi kebutuhan percetakan digital Anda. Kami berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk unggulan kami demi memenuhi permintaan industri yang terus berkembang.


Hubungi kami untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai film BOPP dan BOPET berkualitas yang tahan lama, tebal, dan mudah untuk dicetak dengan mengunjungi PT Argha Karya Prima Industry (https://arghakarya.com).

Comments


bottom of page