top of page

Keunggulan TV Kabel: Alasan Media Klasik Ini Terus Bertahan

Pesatnya perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi dan kebiasaan masyarakat dalam mencerna informasi dan berita. Media sosial, layanan over the top (OTT), dan platform berbagi video menjadi beberapa media yang populer di era digital. Ketiga layanan tersebut dapat dengan mudah diakses melalui ponsel kita, baik dengan menggunakan aplikasi maupun diakses melalui browser. Kemudahan inilah yang meningkatkan popularitas layanan digital di masyarakat modern saat ini.


Adanya layanan OTT tidak serta merta mengancam keberadaan TV kabel sebagai alternatif media hiburan. Televisi kabel masih dapat dengan mudah kita temukan di rumah-rumah dan di berbagai macam hotel. Selain mudah untuk digunakan, berbagai stasiun televisi juga mulai melakukan diversifikasi konten agar tetap relevand dengan perubahan zaman.


Meski digitalisasi terus terjadi secara massal dan cepat, namun nampaknya televisi kabel dapat terus bertahan di masa yang akan datang. Apa yang sebenarnya membuat TV kabel tetap diminati masyarakat? Simak pembahasannya di bawah ini.


Seseorang sedang mengarahkan remotenya ke televisi yang memainkan pertandingan bola
Soumith Soman (c) Pexels
  • Kualitas dan Stabilitas Siaran: Berbeda dengan layanan OTT yang mengharuskan pengguna untuk memilih konten yang akan tonton, TV kabel memiliki jadwal acara harian yang sudah ditentukan oleh masing-masing stasiun televisi. Pemilihan program ini memastikan kualitas televisi tetap terjaga dan terus beragam, mulai dari berita, olahraga, bahkan tayangan langsung untuk berbagai jenis program. Selain itu, kualitas gambar dan suara pada TV kabel umumnya lebih baik dibandingan dengan layanan OTT, terutama untuk program live.


  • Harga Terjangkau: Jika dibandingkan dengan biaya langganan layanan OTT, banyak penyedia layanan TV kabel yang kini menawarkan harga yang lebih terjangkau. Terlebih, banyak penyedia layanan TV kabel yang juga telah mengintegrasikan TV kabel dengan layanan internet. Penggabungan paket ini terbukti membantu banyak pelanggan agar lebih hemat tanpa perlu mengorbankan layanan hiburan yang ia gunakan.

  • Kemudahan Penggunaan: Usia TV kabel yang lebih tua daripada tayangan digital membuatnya lebih mudah untuk digunakan oleh semua usia. Dibandingkan dengan layanan OTT yang mengharuskan user untuk mempelajari sistem baru, TV kabel hanya membutuhkan sebuah televisi, dekoder, dan remote TV. Komponen yang sederhana ini membuat TV kabel ideal untuk ditonton semua usia, khususnya bagi para lansia yang sulit untuk mengakses layanan OTT. Anda hanya perlu menyalakan televisi dan dekoder untuk menggunakan TV kabel dan menonton acara favorit Anda.


  • Stabilitas dan Keandalan: Berbeda dengan layanan OTT yang bergantung pada sinyal selular atau koneksi internet, TV kabel menggunakan jaringan fisik untuk mentransmisikan sinyal yang lebih stabil dan andal. TV kabel juga tidak akan terhambat oleh gangguan sinyal internet yang diperlukan untuk memutar film atau serial yang sedang kita tonton.


Seorang laki-laki dan perempuan sedang menonton televisi
jeshootscom (c) Pexels

Selain keempat faktor di atas, TV kabel juga dianggap relatif lebih aman daripada layanan OTT karena jaringannya yang tertutup. Jaringan yang terbatas dapat menjaga data Anda agar tidak dapat dengan mudah diretas oleh pihak asing.


Meskipun TV kabel mungkin tidak sepopuler dulu, media klasik ini masih memiliki banyak keunggulan yang membuatnya tetap diminati. Jika Anda ingin memasang TV kabel dengan sinyal yang stabil, kualitas gambar terbaik, serta memiliki teknisi yang responsif, hubungi Netstar (www.netstar.id).

Comentários


bottom of page