top of page

Melamine-Faced Plywood : Keuntungan dan Kekurangannya sebagai Pelengkap Areamu!

Sekarang ini, berbagai furnitur dapat disusun dengan ragam jenis material menyesuaikan dengan preferensi yang kita inginkan. Melamine-faced Plywood tentunya tidak luput dari salah satu material yang kerap memiliki permintaan tinggi di pasaran untuk dijadikan furnitur, mengingat cara perawatannya yang mudah, ketersediaannya yang marak, serta kustomisasi yang tinggi. Namun, bagi beberapa orang yang belum pernah memiliki pengalaman dengan material ini, tidak jarang timbul kebimbangan mengenai kekurangan serta kelebihan yang ditawarkan dari pengaplikasiannya. Oleh karena itu, di bawah ini akan kita bahas bersama mengenai kelebihan serta kekurangan yang MFP tawarkan untuk dijadikan furnitur pelengkap di areamu!



 

Kelebihan Melamine-faced Plywood

 

  • Ketahanan : Tidak jarang, kabinet ataupun furnitur yang dibuat dari bahan papan melamin, seperti salah satunya adalah Melamine-faced Plywood memiliki daya tahan lebih terhadap isu-isu yang biasa dihadapi oleh furnitur yang peletakannya di area padat aktivitas seperti dapur. Isu-isu seperti goresan, bekas noda membandel dari makanan, paparan terhadap area lembap maupun panas berlebih cukup mampu dihadapi oleh bahan papan melamin dengan baik. Hal ini diakibatkan melamin memiliki lapisan luar yang lebih tangguh serta menjadikannya lebih mudah untuk dibersihkan.

  • Harganya yang terjangkau : Papan fiber berbalut melamin seperti MFP biasanya dihargai di pasaran lebih murah dibandingkan dengan papan kayu asli atau solid wood. Namun, harga murah yang ditawarkan bukan berarti mengurangi kualitas yang didapatkan para penggunanya. Papan MFP berkualitas tinggi dapat dengan mudah didapatkan oleh para pengguna dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat meningkatkan efektivitas anggaranyang telah disiapkan.

  • Hasil akhir yang seragam dan kustomisasi tanpa batas : Berbeda dengan papan solid wood, MFP dengan kerataan lapisan melamin di permukaannya semakin memudahkan untuk dicetaknya berbagai warna, pola, serta tekstur hasil akhir yang para pengguna inginkan. Hasilnya, setiap papan yang dibutuhkan memiliki keseragaman tanpa adanya perbedaan hasil dan kreativitas pengguna dapat terwadahi eksplorasinya seluas-luasnya.

 

Kekurangan Melamine-faced Plywood

  • Ketergantungan kualitas : Karena merupakan papan fiber buatan, maka kualitas papan melamin seperti MFP juga akan sangat tergantung pada kualitas bahan dasar yang digunakannya. Bila serat fiber kayu serta plywood yang digunakan berkualitas rendah, maka papan MFP yang akan dihasilkan juga akan mudah rusak dan tidak tahan lama. Sebaliknya, jika kayu yang digunakan adalah kayu berkualitas tinggi dengan proses produksi sesuai prosedur, maka MFP yang dihasilkan pastinya akan memenuhi dan melebihi standar kualitas performa produk.

  • Pemasangan yang lebih sulit : Dalam beberapa kasus, papan kayu fiber yang dilapisi oleh melamin cenderung akan lebih sulit untuk pemasangan karena akibat sifat bawaan konstruksinya, yakni lapisan melamin yang tidak mudah bekerja sama ketika dipasangkan dengan paku dan sekrup. Jika paku dan sekrup dipasang tanpa berhati-hati, lapisan melamin di atas MFP dapat dengan mudah terkelupas dan rusak.

  • Sensitivitas kerusakan akibat air : Tidak dapat dipungkiri bahwa lapisan melamin yang terdapat dalam berbagai papan melamin membawa kelebihan tersendiri, yakni memberikan peningkatan daya tahannya terhadap kelembapan dan cipratan air. Namun, ketika air mampu lolos dan justru mengenai inti partikel kayu dari papan MFP secara langsung dan dalam periode yang lama, maka kekuatan struktur papan secara keseluruhan juga akan terpengaruh dan melemah seiring waktu.

 

 

Itulah beberapa kelebihan serta kekurangan dari Melamine-faced Plywood yang dapat masuk dan dijadikan pertimbangan anda ketika ingin menggunakannya sebagai material untuk furnitur di area. Perlu diketahui bahwa setiap material memiliki daya tahan dan kelebihan serta kelemahannya masing-masing. Dengan memahami cara perawatan dan pengaplikasian suatu material dengan baik dan tepat, berarti kita sudah berusaha untuk memperpanjang umur penggunaannya.

 

Jika anda mencari aneka ragam papan melamin seperti Melamin-faced MDF (MFM), Melamine-faced Plywood (MFP), atau bahkan papan Medium Density Fibreboard biasa, pastikan untuk hanya menyuplainya dari PT. Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

bottom of page