top of page

Wardrobe MDF dalam Ruang Terbatas: Penyimpanan Maksimal untuk Apartemen Kecil

Wardrobe MDF menawarkan kemudahan yang tidak dapat ditemukan dalam bahan lain, terutama untuk penghuni apartemen kecil. Karena ruangannya yang terbatas, apartemen kecil membutuhkan strategi yang efektif untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan di dalamnya. MDF adalah pilihan yang ideal karena kekuatannya, harganya yang terjangkau, dan fleksibilitasnya. Permukaan MDF yang halus memudahkan siapapun untuk membuat berbagai jenis desain dengan lapisan finish atau cat yang beragam agar ruangan Anda terlihat semakin indah.


Penasaran bagaimana cara membuat wardrobe yang bisa menyimpan pakaian dan barang-barang lain di apartemen kecil? Simak beberapa inspirasi desain berikut!


Lemari berwarna putih yang penuh dengan pakaian
Kamil Kalkan / Unsplash
  • Wardrobe Vertikal: Ketika tinggal di apartemen kecil, setiap sudut ruangan menjadi area yang berharga. Wardobe yang didesain secara vertikal tidak akan memakan ruang horizontal yang Anda miliki sehingga Anda masih memiliki ruang gerak yang luas di apartemen Anda. Papan MDF dapat digunakan untuk membuat lemari yang tinggi hingga ke langit-langit untuk menyimpan pakaian, sepatu, maupun barang-barang lain Anda. Membuat wardrobe vertikal juga idela untuk menyimpan barang-barang yang mungkin jarang dipakai seperti koper berukuran besar atau selimut tebal agar dapat disimpan di kompartemen atas.


  • Wardrobe dengan Pintu Geser: Pintu pada wardrobe atau lemari mungkin saja memakan tempat ketika sedang membukanya. Untuk itu, Anda bisa beralih ke lemari berpintu geser untuk menjaga agar barang-barang Anda terbebas dari debu. Pintu geser dapat memberikan sentuhan modern pada wardrobe Anda sekaligus mempermudah akses ke barang-barang yang ada di dalamnya.


Tangan yang sedang mengambil kain lap dari laci berwarna coklat muda
Carrie Allen / Unsplash

  • Wardrobe dengan Kompartemen Modular: Mungkin Anda belum pernah mendengar istilah modular sebelumnya. Desain modular sendiri merupakan bentuk desain yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan jumlah dan jenis kompartemen dalam lemari sesuai dengan kebutuhan Anda. Lemari penyimpanan peralatan dapur, misalnya, dapat diberikan rak berukuran ramping agar tidak mudah tercecer. Lemari ini juga bisa diletakkan di sebelah wastafel untuk mempermudah Anda mencari barang yang Anda butuhkan selagi memasak di dapur.


  • Finishing Cermin pada Pintu Wardrobe: Tinggal di apartemen kecil mengharuskan Anda untuk meningkatkan fungsionalitas dari setiap furnitur yang ada di dalam ruangan. Menambahkan cermin pada pintu wardrobe tidak hanya menambahkan nilai fungsional pada ruangan Anda, melainkan juga memberikan ilusi ruangan yang luas. Cermin yang dibubuhkan pada seluruh daun pintu akan memantulkan cahaya dan memberikan efek visual yang membuat apartemen terasa lebih besar dan terang. Yang paling penting, Anda tidak perlu membeli cermin berukuran besar lagi secara terpisah dengan menggunakan finishing ini.


  • Kompartemen Tersembunyi: Anda dapat menambahkan laci dan kompartemen tersembunyi untuk mengoptimalkan penggunaan ruang. Laci-laci berukuran kecil, sedang, maupun besar dapat disisipkan di bawah tempat tidur, dibawah ottoman, atau di bawah sofa. Desain ini menawarkan fleksibilitas yang tinggi pada apartemen dengan ruangan terbatas.

Wardrobe MDF adalah solusi yang cerdas dan efisien untuk penyimpanan maksimal di apartemen kecil. Memlih wardrobe MDF tidak hanya memberikan fungsionalitas dan organisasi yang lebih baik, tetapi juga meningkatkan estetika ruangan dengan tampilan modern dan rapi. Dengan sedikit kreatifitas dan perencanaan, Anda dapat menciptakan apartemen yang efisien dan stylish meski dengan ruang terbatas sekalipun.


Pastikan Anda menggunakan papan MDF berkualitas baik dengan kepadatan tinggi dan permukaan yang halus agar furnitur Anda bertahan lama. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai papan MDF dan varian pelapis yang beragam, segera hubungi PT Sumatera Prima Fibreboard (www.spf.co.id).

Comments


bottom of page