top of page

Internet Cepat, Internet Tepat: Begini Caranya Memilih Provider Internet Untuk Hotel Anda

Akselerasi digital yang berlangsung pada masa pandemi telah menggeser berbagai kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari kita, termasuk dalam menggunakan internet. Dunia maya yang tadinya hanya diakses pada saat tertentu saja, kini kita akses hampir setiap jam dalam satu hari. Hal ini juga menyebabkan pergeseran pola konsumsi dalam keseharian kita, termasuk kebutuhan kita untuk terus terhubung dengan dunia maya.


Seorang pria menggunakan tablet di sebuah restoran atau kafe
LinkedIn Sales Solution (c) Unsplash

Sebagai tempat singgah bagi ratusan orang, baik untuk bermalam atau untuk pertemuan setengah hari, hotel menjadi salah satu tempat yang wajib memiliki koneksi internet yang stabil. Memenuhi kebutuhan tamu untuk terus terhubung dengan dunia maya menjadi faktor terpenting dalam memilih provider internet yang tepat untuk bisnis Anda. Apa saja hal lain yang perlu diperhatikan? Berikut bahasannya.


  • Kapasitas, Kecepatan, dan Keamanan: Kapasitas yang besar, kecepatan tinggi, dan keamanan internet menjadi tiga faktor yang paling pertama harus dipertimbangkan ketika memilih penyedia layanan internet untuk hotel. Sebab, jaringan internet ini akan digunakan di ratusan perangkat untuk mengakses media sosial, aplikasi video, pekerjaan, maupun mendukung operasional hotel seperti online booking. Memiliki internet yang stabil, cepat, dan aman akan terasa sekali pentingnya, terutama pada saat musim liburan tiba maupun pada saat hotel sedang ramai oleh tamu acara besar. Pengelola hotel hendaknya mempertimbangkan kecepatan 50 hingga 100 Mbps untuk dapat memberikan layanan internet terbaik bagi semua tamunya.


  • Jangkauan Jaringan Internet yang Luas: Area hotel umumnya tidak terbatas pada kamar-kamar saja, melainkan juga area kolam renang, restoran, lobby, ruang konferensi, spa, taman, bahkan fasilitas olahraga seperti gym atau lapangan. Memiliki cakupan konektivitas yang luas akan meningkatkan kepuasan tamu dan memenuhi kebutuhan mereka agar dapat terus terhubung dengan dunia maya.


Seorang perempuan menggunakan ponsel pintar dan internet di pinggir kolam renang hotel
Armin Rimoldi (c) Pexels
  • Ketersediaan Paket Terpadu: Hiburan merupakan salah satu aspek yang patut diperhatikan sebagai pengelola hotel. Meski tak sepopuler layanan OTT (over-the-top atau streaming), TV kabel tetap menjadi pilihan pertama untuk menyediakan hiburan dari kamar hotel. Untuk mempermudah pengelolaan internet dan TV kabel di hotel Anda, ada baiknya jika Anda mencari penyedia jasa internet yang juga mencakup TV kabel. Hal ini tak hanya akan mempermudah proses tagihan dan kontrak Anda, melainkan juga mempermudah pihak manajemen hotel yang mungkin tidak memiliki tim khusus untuk menangani masing-masing layanan.


  • Pelayanan yang Cepat dan Menyeluruh: Tidak jarang pelanggan maupun pengelola mengalami gangguan jaringan atau perangkat keras yang mempengaruhi kelancaran koneksi internet. Manajemen hotel tidak mungkin membiarkan koneksi yang lambat begitu saja, mereka perlu memperbaikinya secepat mungkin untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memastikan operasional hotel berjalan mulus. Untuk itu, pelayanan servis yang cepat dan menyeluruh penting untuk dipertimbangkan ketika memilih provider internet. Netstar, misalnya, selalu mengerahkan tim untuk mengidentifikasi permasalahan koneksi dan siap sedia untuk membantu Anda menemukan solusinya.

Itulah beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan manajemen hotel ketika memilih provider internet untuk bisnisnya. Sebagai salah satu provider internet dengan layanan paket terpadu, Netstar dapat menjadi pilihan koneksi Anda. Selain memiliki jaringan internet yang stabil dan luas, Netstar juga menyediakan fasilitas hiburan eksklusif lewat TV kabel dan layanan IP telephony untuk mempermudah kebutuhan telepon Anda.


Kunjungi Netstar (www.netstar.id) untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan 3-Play (internet, TV kabel, telefon) untuk bisnis hotel Anda.

Comentarios


bottom of page