top of page

Lancar Tanpa Batas: Alasan Internet Cepat Penting untuk Tamu Content Creator di Hotel

Updated: Apr 18

Profesi content creator merupakan salah satu profesi baru yang muncul bersamaan dengan proses digitalisasi. Jenis content creator pun bermacam-macam — dari influencer media sosial hingga streamer di laman berbasis video, mereka memanfaatkan gawai, kamera, lighting, dan perangkat lunak penyunting video untuk membagikan konten di dunia maya.


Beberapa dari content creator kerap melakukan video blogging (vlog) yang menunjukkan keseharian maupun pengalaman mereka ketika mengunjungi tempat baru. Mobilitas yang tinggi menyebabkan mereka harus menyunting video dari tempat mereka menginap atau berlibur. Tidak jarang proses penyuntingan ini membutuhkan dukungan koneksi internet yang stabil untuk mempermudah mereka mencari aset tambahan untuk video maupun foto yang akan mereka unggah.


Seperangkat gawai (kojing, kamera, mouse, keypad), beberapa aksesoris, sebuah gelas, dan sebuah pot kecil berisi tanaman yang terletak di atas meja putih.

Untuk mengakomodasi jenis tamu yang baru ini, simak beberapa tips untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan mereka selama menginap di hotel Anda.


  • Pahami kebutuhan content creator: Langkah pertama adalah mengidentifikasi segala jenis kebutuhan seorang content creator. Umumnya, mereka akan membutuhkan internet dengan kecepatan unggah dan unduh yang tinggi untuk menunjang aktivitas mereka. Sebagai acuan, kecepatan unggah sebaiknya dimulai dari 10 Mbps untuk live streaming berkualitas standard definition (SD), 25 Mbps untuk high definition (HD), dan 50 Mbps untuk kualitas 4K.

  • Tawarkan upgrade jenis kamar: Banyak dari content creator yang akan membawa laptop, kamera, tripod, dan lighting selama menginap di hotel Anda. Kemungkinan besar para content creator ini akan membutuhkan meja kerja yang besar untuk menunjang pekerjaan mereka. Coba tawarkan kamar yang dilengkapi dengan meja besar atau meja kerja yang dapat membuat mereka nyaman selama bermalam di hotel Anda.


Seorang pertempuan sedang merekam dirinya berbicara di depan kamera. Sebuah ponsel pintar yang diapit dalam tripod berdiri di depannya.

  • Sediakan beragam jenis internet di kamar hotel: Ada berbagai jenis koneksi internet yang bisa Anda siapkan untuk tamu Anda. Pilihan yang paling umum adalah dengan memasang Wi-Fi yang kuat, namun kecepatan dan stabilitasnya dapat bervariasi tergantung pada jumlah pengguna dan infrastruktur hotel. Anda juga dapat menyediakan pilihan alternatif seperti kabel LAN dan fiber optik di yang dapat memberikan koneksi lebih stabil dan cepat untuk kebutuhan live streaming dan menyunting video.

  • Siap-siap melayani berbagai jenis content creator: Kebutuhan dari setiap content creator akan berbeda-beda. Seorang streamer mungkin membutuhkan layanan fiber optik untuk mengadakan siaran langsung dari kamarnya. Seorang vlogger mungkin membutuhkan rekomendasi dari staf Anda untuk mencari kuliner atau tempat wisata paling menarik dari hotel Anda. Ada pula reviewer hotel, yang kemungkinan besar akan memilih kamar paling mahal dari hotel Anda untuk kemudian ia amati dan bahas di kontennya kemudian. Staf hotel Anda sebaiknya menyiasati berbagai jenis kebutuhan unik yang mungkin muncul dari para content creator ini.

Itulah beberapa kiat-kiat untuk meningkatkan kepuasan tamu content creator yang menginap di hotel Anda. Koneksi internet yang cepat dan stabil menjadi aspek penting yang turut diperhatikan ketika Anda berniat untuk meningkatkan kualitas fasilitas di hotel Anda. Dapatkan koneksi internet kuat dan stabil dengan layanan 3-Play milik Netstar (www.netstar.id).

bottom of page