top of page

Komitmen Berkelanjutan PT. Sumatera Prima Fibreboard dalam Pelestarian Lingkungan : Penanaman Pohon

Updated: Oct 4, 2023

Pada awal September 2023, PT. Sumatera Prima Fibreboard kembali melanjutkan program penanaman pohonnya yang sudah dimulai sejak 2020 lalu secara berkelanjutan sebagai bentuk perhatian PT. SPF terhadap kelestarian alam. Kegiatan ini dimulai dan diadakan terus-menerus sebagai bentuk respons kepatuhan PT.SPF terhadap program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, yang menganjurkan agar perusahaan berpartisipasi aktif dalam penanaman dan penghijauan di sekitar pabrik.


Diketahui bahwa penanaman pohon ini bukanlah yang pertama dilakukan pada tahun ini. Di bulan Juli lalu Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara menjadi lokasi di mana tahap pertama program penanaman ini dilakukan di tahun 2023, dan baru dilanjutkan kembali di bulan September dengan penanaman sebanyak 100 batang pohon di Desa Pulau Semambu.



Hendri Yadi Rusdi, Rahmat Pitrajaya, dan Iwan Wahyu Kusmanto selaku perwakilan dari PT.SPF saat menyerahkan pohon kepada Pemerintah Desa secara simbolis untuk memulai program penanaman pohon tahunan PT. Sumatera Prima Fibreboard tahap 1 pada Juli 2023 lalu di Kantor Desa Palemraya.


Pemilihan pohon untuk ditanam dalam program ini juga tidak dilakukan secara sembarangan. Diketahui pada program tahap 2 ini, sebagian besar atau sebanyak 60 batangnya merupakan jenis pohon pelindung untuk memastikan peresapan air dapat optimal, sehingga mengurangi kemungkinan ancaman erosi. Sisanya pun ditanami jenis pohon buah-buahan agar hasilnya dapat dinikmati warga sekitar.



Penyerahan ratusan batang pohon dan penanaman di halaman Kantor Desa yang dilakukan oleh Rahmat Pitrajaya, Supervisor License log Procurement, didampingi dengan Hendri Yadi Rusdi, selaku Supervisor CSR dan IR PT.Sumatera Prima Fibreboard, kepada Pemerintah Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara, Eka Rahmati, pada Kamis 14 September 2023.


Terima kasih kepada PT. SPF. Kami menilai kegiatan ini sangat baik karena alam adalah pinjaman yang harus kita jaga, rawat, dan kembalikan,” pungkas Eka Rahmati, selaku Kepala Desa Pulau Semambu saat menerima dan menyambut langsung program penanaman ini dan memberikan ucapan terimakasih sebagai perwakilan dari warga desa sekitar terhadap berbagai bantuan yang telah diberikan oleh PT. SPF.

תגובות


bottom of page