top of page

Mengurangi Limbah dan Menghidupkan Pertanian: Pembuatan Pupuk Daur Ulang sebagai Bentuk Program CSR


Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan PT. Sumatera Prima Fibreboard untuk menjaga kelestarian lingkungan dan berpartisipasi aktif dalam memberdayakan masyarakat sekitar pabrik melalui program Corporate Social Responsibility-nya, pada Rabu, 1 November 2023 lalu kembali diadakan pembagian pupuk kompos kepada petani setempat. Diketahui bahwa pupuk kompos ini merupakan hasil daur ulang PT. Sumatera Prima Fibreboard untuk memastikan tidak ada sisa bahan yang terbuang sia-sia dari aktivitas produksi. Limbah kulit kayu yang ada dijadikan sebagai bahan bakar mesin boiler. Kemudian, hasil pembakaran tersebut dicampur dengan sisa kulit kayu lainnya dan diolah menjadi pupuk kompos.



Untuk memastikan agar pemanfaatan limbah kulit kayu ini dapat berjalan secara efektif, inovatif dan menghasilkan pupuk kompos yang berkualitas, PT. Sumatera Prima Fibreboard juga turut menggandeng konsultan untuk memberikan masukan dan arahan profesional dalam proses pengolahannya. Pupuk kompos yang diolah pun sebelum dibagikan ke masyarakat dipastikan telah lulus tahapan uji laboratorium untuk memastikan kelayakan penggunaannya.


Pak Hendri Yadi Rusdi, selaku Supervisor CSR dan IR dengan Pak Wagiman, sebagai salah satu perwakilan dari petani yang menerima bantuan distribusi pupuk kompos hasil daur ulang dari PT. Sumatera Prima Fibreboard.



Pembagian pupuk kompos hasil daur ulang ini ditargetkan diberikan kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani di sekitar pabrik. Diharapkan pemberian PT. Sumatera Prima Fireboard ini dapat meringankan beban petani dalam pengadaan pupuk mengingat harganya di pasaran yang sekarang melonjak. Distribusi kali ini ditujukan kepada kelompok petani yang berada di wilayah ring 1 Kecamatan Indralaya Utara dan salah satunya digunakan untuk tanaman cabai merah milik pojok tani usaha Desa Tanjung Pering yang total menerima bantuan sebanyak 200 karung pupuk.



Pelaksanaan program pengolahan limbah menjadi pupuk kompos ini bukanlah yang kali pertama dilakukan oleh PT. Sumatera Prima Fibreboard. Diketahui bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga program produksi pupuk kompos ini diadakan. Berdasarkan pengakuan para petani setempat, pupuk yang diproduksi dari olahan limbah kulit kayu ini sangat bermanfaat dan berkualitas bagus. Mereka merasa terbantu dan berharap agar program ini terus berlanjut sampai ke depannya.


Untuk mengetahui berbagai program dan kegiatan lain sebagai bentuk Corporate Social Responsibility yang dilakukan oleh PT. Sumatera Prima Fibreboard, silahkan kunjungi kami di www.spf.co.id.

Comentários


bottom of page